Implementasi Squad Formation Behavior Untuk Non Player Character Pada First Person Military Simulation Game Menggunakan Algoritma Flocking
Main Author: | Ridwan, AchmadZakki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/146475/1/COVER.pdf http://repository.ub.ac.id/146475/2/INTRO.pdf http://repository.ub.ac.id/146475/3/PERNYATAAN_ORISINALITAS.pdf http://repository.ub.ac.id/146475/4/ISI.pdf http://repository.ub.ac.id/146475/ |
ctrlnum |
146475 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/146475/</relation><title>Implementasi Squad Formation Behavior Untuk Non Player Character Pada First Person Military Simulation Game Menggunakan Algoritma Flocking</title><creator>Ridwan, AchmadZakki</creator><subject>005 Computer programming, programs, data</subject><description>Pada umumnya dalam pengembangan game membutuhkan AI untuk implementasi behavior NPC (Non Player Character) agar menciptakan suasana yang lebih realistis dalam game. Tanpa adanya penggunaan kecerdasan buatan dalam sebuah game, akan menjadikan game terasa membosankan dan tidak realistis. Dalam sekelompok prajurit pasti ada suatu pergerakan secara berkelompok atau Squad Formation Behavior, dimana pergerakannya dilakukan secara terpusat dengan koordinasi yang baik. Oleh karena itu dalam game membutuhkan AI untuk perilaku pergerakan NPC (Non Player Character) secara berkelompok agar para prajurit dapat melakukan gerakan kordinasi formasi dengan baik. Steering Behavior adalah metode yang sering digunakan dalam pergerakan. Dimana perilaku pergerakan metode ini menjelaskan suatu kawanan dapat bergerak tanpa diberi perintah atau input dari pemain[REY-99]. Algoritma Flocking adalah algoritma yang umum digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dalam perilaku pergerakan secara berkelompok. Flocking merupakan perilaku agent atau NPC yang menyerupai pergerakan kawanan burung yang terbang, sekelompok ikan yang berenang, ataupun koloni dari bakteri, dalam mempertahankan kehidupannya[ZON-07].</description><date>2015-11-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/146475/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/146475/2/INTRO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/146475/3/PERNYATAAN_ORISINALITAS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/146475/4/ISI.pdf</identifier><identifier> Ridwan, AchmadZakki (2015) Implementasi Squad Formation Behavior Untuk Non Player Character Pada First Person Military Simulation Game Menggunakan Algoritma Flocking. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2015/409/051600910</relation><recordID>146475</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Ridwan, AchmadZakki |
title |
Implementasi Squad Formation Behavior Untuk Non Player Character Pada First Person Military Simulation Game Menggunakan Algoritma Flocking |
publishDate |
2015 |
topic |
005 Computer programming programs data |
url |
http://repository.ub.ac.id/146475/1/COVER.pdf http://repository.ub.ac.id/146475/2/INTRO.pdf http://repository.ub.ac.id/146475/3/PERNYATAAN_ORISINALITAS.pdf http://repository.ub.ac.id/146475/4/ISI.pdf http://repository.ub.ac.id/146475/ |
contents |
Pada umumnya dalam pengembangan game membutuhkan AI untuk implementasi behavior NPC (Non Player Character) agar menciptakan suasana yang lebih realistis dalam game. Tanpa adanya penggunaan kecerdasan buatan dalam sebuah game, akan menjadikan game terasa membosankan dan tidak realistis. Dalam sekelompok prajurit pasti ada suatu pergerakan secara berkelompok atau Squad Formation Behavior, dimana pergerakannya dilakukan secara terpusat dengan koordinasi yang baik. Oleh karena itu dalam game membutuhkan AI untuk perilaku pergerakan NPC (Non Player Character) secara berkelompok agar para prajurit dapat melakukan gerakan kordinasi formasi dengan baik. Steering Behavior adalah metode yang sering digunakan dalam pergerakan. Dimana perilaku pergerakan metode ini menjelaskan suatu kawanan dapat bergerak tanpa diberi perintah atau input dari pemain[REY-99]. Algoritma Flocking adalah algoritma yang umum digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dalam perilaku pergerakan secara berkelompok. Flocking merupakan perilaku agent atau NPC yang menyerupai pergerakan kawanan burung yang terbang, sekelompok ikan yang berenang, ataupun koloni dari bakteri, dalam mempertahankan kehidupannya[ZON-07]. |
id |
IOS4666.146475 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-27T08:48:23Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:33:55Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454634750246912 |
score |
17.538404 |