Implementasi Squad Formation Behavior Untuk Non Player Character Pada First Person Military Simulation Game Menggunakan Algoritma Flocking

Main Author: Ridwan, AchmadZakki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/146475/1/COVER.pdf
http://repository.ub.ac.id/146475/2/INTRO.pdf
http://repository.ub.ac.id/146475/3/PERNYATAAN_ORISINALITAS.pdf
http://repository.ub.ac.id/146475/4/ISI.pdf
http://repository.ub.ac.id/146475/
ctrlnum 146475
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/146475/</relation><title>Implementasi Squad Formation Behavior Untuk Non Player Character Pada First Person Military Simulation Game Menggunakan Algoritma Flocking</title><creator>Ridwan, AchmadZakki</creator><subject>005 Computer programming, programs, data</subject><description>Pada umumnya dalam pengembangan game membutuhkan AI untuk implementasi behavior NPC (Non Player Character) agar menciptakan suasana yang lebih realistis dalam game. Tanpa adanya penggunaan kecerdasan buatan dalam sebuah game, akan menjadikan game terasa membosankan dan tidak realistis. Dalam sekelompok prajurit pasti ada suatu pergerakan secara berkelompok atau Squad Formation Behavior, dimana pergerakannya dilakukan secara terpusat dengan koordinasi yang baik. Oleh karena itu dalam game membutuhkan AI untuk perilaku pergerakan NPC (Non Player Character) secara berkelompok agar para prajurit dapat melakukan gerakan kordinasi formasi dengan baik. Steering Behavior adalah metode yang sering digunakan dalam pergerakan. Dimana perilaku pergerakan metode ini menjelaskan suatu kawanan dapat bergerak tanpa diberi perintah atau input dari pemain[REY-99]. Algoritma Flocking adalah algoritma yang umum digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dalam perilaku pergerakan secara berkelompok. Flocking merupakan perilaku agent atau NPC yang menyerupai pergerakan kawanan burung yang terbang, sekelompok ikan yang berenang, ataupun koloni dari bakteri, dalam mempertahankan kehidupannya[ZON-07].</description><date>2015-11-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/146475/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/146475/2/INTRO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/146475/3/PERNYATAAN_ORISINALITAS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/146475/4/ISI.pdf</identifier><identifier> Ridwan, AchmadZakki (2015) Implementasi Squad Formation Behavior Untuk Non Player Character Pada First Person Military Simulation Game Menggunakan Algoritma Flocking. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2015/409/051600910</relation><recordID>146475</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ridwan, AchmadZakki
title Implementasi Squad Formation Behavior Untuk Non Player Character Pada First Person Military Simulation Game Menggunakan Algoritma Flocking
publishDate 2015
topic 005 Computer programming
programs
data
url http://repository.ub.ac.id/146475/1/COVER.pdf
http://repository.ub.ac.id/146475/2/INTRO.pdf
http://repository.ub.ac.id/146475/3/PERNYATAAN_ORISINALITAS.pdf
http://repository.ub.ac.id/146475/4/ISI.pdf
http://repository.ub.ac.id/146475/
contents Pada umumnya dalam pengembangan game membutuhkan AI untuk implementasi behavior NPC (Non Player Character) agar menciptakan suasana yang lebih realistis dalam game. Tanpa adanya penggunaan kecerdasan buatan dalam sebuah game, akan menjadikan game terasa membosankan dan tidak realistis. Dalam sekelompok prajurit pasti ada suatu pergerakan secara berkelompok atau Squad Formation Behavior, dimana pergerakannya dilakukan secara terpusat dengan koordinasi yang baik. Oleh karena itu dalam game membutuhkan AI untuk perilaku pergerakan NPC (Non Player Character) secara berkelompok agar para prajurit dapat melakukan gerakan kordinasi formasi dengan baik. Steering Behavior adalah metode yang sering digunakan dalam pergerakan. Dimana perilaku pergerakan metode ini menjelaskan suatu kawanan dapat bergerak tanpa diberi perintah atau input dari pemain[REY-99]. Algoritma Flocking adalah algoritma yang umum digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dalam perilaku pergerakan secara berkelompok. Flocking merupakan perilaku agent atau NPC yang menyerupai pergerakan kawanan burung yang terbang, sekelompok ikan yang berenang, ataupun koloni dari bakteri, dalam mempertahankan kehidupannya[ZON-07].
id IOS4666.146475
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:48:23Z
last_indexed 2021-10-28T07:33:55Z
recordtype dc
_version_ 1751454634750246912
score 17.538404