Rancang Bangun Sistem Informasi Kesiswaan Menggunakan Metode User Centered Design (Studi Kasus SMP N 2 Bojonegoro)

Main Author: Kumalasari, ClaudhiaSafira
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/146368/1/115090601111003_Claudhia_Safira_Kumalasari_Skripsi_2015.pdf
http://repository.ub.ac.id/146368/
Daftar Isi:
  • SMP N 2 Bojonegoro adalah salah satu SMP dengan jumlah siswa terbanyak tiap tahunnya di Bojonegoro. Dengan jumlah siswa yang banyak tersebut, proses pencatatan dan pengarsipan data para siswa masih dilakukan secara manual, yakni dengan menulis di buku induk siswa dan buku – buku pendukung lainnya. Proses pencatatan dan pengarsipan secara manual tersebut rentan terhadap timbulnya masalah, mulai dari kehilangan, kerusakan, dan keterbatasan tempat penyimpanan. Sehingga diperlukan sebuah Sistem Informasi Kesiswaan yang bisa menyimpan arsip siswa dan mengelola data para siswa, untuk meminimalisir terjadinya masalah – masalah tersebut. Pada penelitian ini Sistem informasi Kesiswaan dibuat menggunakan metode User Centered Design dalam proses pengembangan. Alasan pemilihan metode UCD adalah agar sistem yang dibuat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna, mudah digunakan, meningkatkan usability, dan meningkatkan kepuasan pengguna. Dimana proses – proses yang digunakan dalam User Centered Design menggunakan standar ISO 9241-210. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah model waterfall yang digabung dengan metode UCD, dimana dalam model waterfall proses UCD digunakan dalam proses analisa kebutuhan. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengujian black box, white box, dan usability. Hasil pengujian black box menunjukkan bahwa sistem telah valid ketika diuji dengan kasus uji tertentu. Hasil pengujian white box menunjukkan bahwa semua jalur algoritma telah diuji. Hasil pengujian usability menunjukkan rata – rata poin yang didapat adalah sebesar 6.32 atau setara dengan 90.3%.