Rancang Bangun Game Augmented Reality Pertempuran Surabaya 10 November 1945 Pada Perangkat Mobile Berbasis Android

Main Author: Adimanggala, Dinda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/146347/1/Laporan_Akhir_RANCANG_BANGUN_GAME_AUGMENTED_REALITY_PERTEMPURAN_10_NOVEMBER.pdf
http://repository.ub.ac.id/146347/
Daftar Isi:
  • Dalam dunia pendidikan, pengenalan sejarah menjadi masalah utama. Banyak siswa yang tidak memahami makna sejarah, bahkan peristiwa bersejarah di Indonesia. Hal ini dikarenakan pengajaran sejarah yang mengutamakan fakta keras yang hanya akan menimbulkan kebosanan dan keengganan di kalangan siswa. Sebuah pendekatan visual dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini. Salah satu pendekatan visual yang dapat digunakan adalah game edukasi bertemakan sejarah yang menggunakan teknologi augmented reality dan dikembangkan pada perangkat mobile berbasis android. Augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan objek virtual ke dalam dunia nyata secara interaktif. Game ini difokuskan pada cerita sejarah pertempuran 10 November 1945 yang terjadi di Surabaya. Hasil pengujian game menunjukkan bahwa game membuat pemain menjadi senang dan tertarik. Tingkat pemahaman cerita sejarah dalam game ini juga cukup baik.