Pengembangan Aplikasi Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Orientasi Objek, Penggunaan Ulang dan Pola-Pola Perancangan Kasus Perubahan Kata Kerja
Main Author: | Franscasmara, RaviqulHaidir |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/146304/1/Pengembangan_Aplikasi_Pendukung_Pembelajaran_Bahasa_Arab_-_0910680086.pdf http://repository.ub.ac.id/146304/ |
Daftar Isi:
- Umat muslim dalam mempelajari Al-Qur’an membutuhkan keahlian bahasa Arab pada tingkatan tertentu. Ilmu Sharaf merupakan salah satu cabang ilmu bahasa Arab yang mempelajari morfologi kata dan menjadi dasar sebelum mempelajari cabang ilmu yang lebih lanjut. Proses pembelajaran ilmu bahasa Arab di Indonesia masih banyak menggunakan cara yang konvensional dan tradisional yang dianggap sulit, sementara Indonesia merupakan negara non-Arab dengan jumlah penduduk muslim yang besar di dunia. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, seperti penggunaan perangkat lunak, maka diharapkan bisa mengurangi permasalahan yang berhubungan dengan proses pembelajaran tersebut. Pengembangan perangkat lunak pada penelitian ini mencoba memodelkan aturan sistematik ilmu sharaf pada kasus perubahan kata kerja memanfaatkan design patterns strategy dan facade di tahap perancangan aplikasi. Tahapan implementasi menggunakan bahasa pemrograman Java dengan memanfaatkan API JQuranTree, Hibernate Search dan JavaFX dan nanti menghasilkan desktop application. Dari hasil pengujian fungsional, aplikasi mampu menjalankan 72% dari total kasus uji yang dibuat berdasarkan spesifikasi kebutuhan sistem. Berdasarkan pengujian Usability yang dilakukan oleh seorang ahli bahasa Arab, aplikasi pendukung pembelajaran ini membutuhkan perbaikan pada faktor kemudahan navigasi menu, penyediaan detail informasi kata kerja dengan arti bahasa indonesia, penggunaan istilah yang lebih tepat pada kata ganti subyek, ketersediaan kata kerja secara lengkap sesuai kamus Arab dan penggunaan bahasa instruksi serta animasi yang lebih interaktif.