Rancang Bangun Game Edukasi Penerapan Hukum Newton

Main Author: Rochim, MochAinur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/146295/1/Rancang_bangun_game_edukasi_penerapan_hukum_newton.pdf
http://repository.ub.ac.id/146295/
ctrlnum 146295
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/146295/</relation><title>Rancang Bangun Game Edukasi Penerapan Hukum Newton</title><creator>Rochim, MochAinur</creator><subject>005 Computer programming, programs, data</subject><description>Fisika merupakan salah satu pelajaran yang memuat banyak konsep abstrak sehingga untuk belajar fisika siswa harus mengolah informasi yang diterima dengan melibatkan semua inderanya. Untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fisika, khususnya Hukum Newton, perlu adanya media pembelajaran yang dapat dijadikan sarana penyampaian materi pada siswa, salah satunya adalah game edukasi. Game edukasi dapat kita gunakan sebagai sarana dalam menyampaikan materi pembelajaran.&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; Game ini dibuat sesuai dengan spesifikasi kebutuhan yang telah ditentukan dalam perancangan dan berdasarkan salah satu penerapan Hukum Newton, yaitu sistem katrol. Dalam game edukasi ini terdapat sepuluh level yang dapat dimainkan. Berdasarkan hasil pengujian white box , tombol pull terhadap pergerakan katrol menghasilkan jalur kasus uji terpanjang, sehingga membutuhkan waktu eksekusi lebih lama. Pada pengujian validasi menggunakan black-box testing dengan metode playtesting dan combinatorial. Berdasarkan hasil pengujian playtesting dapat disimpulkan bahwa game penerapan Hukum Newton ini dibuat dengan tampilan yang mudah untuk dipahami dengan karakter binatang yang lucu. Pada pengujian combinatorial, tidak ditemukan adanya kesalahan dalam setiap pasangan parameter yang dikombinasikan. Dapat disimpulkan bahwa implementasi dan fungsionalitas game telah memenuhi kebutuhan yang ada dalam daftar kebutuhan.</description><date>2015-06-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/146295/1/Rancang_bangun_game_edukasi_penerapan_hukum_newton.pdf</identifier><identifier> Rochim, MochAinur (2015) Rancang Bangun Game Edukasi Penerapan Hukum Newton. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2015/248/051506358</relation><recordID>146295</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rochim, MochAinur
title Rancang Bangun Game Edukasi Penerapan Hukum Newton
publishDate 2015
topic 005 Computer programming
programs
data
url http://repository.ub.ac.id/146295/1/Rancang_bangun_game_edukasi_penerapan_hukum_newton.pdf
http://repository.ub.ac.id/146295/
contents Fisika merupakan salah satu pelajaran yang memuat banyak konsep abstrak sehingga untuk belajar fisika siswa harus mengolah informasi yang diterima dengan melibatkan semua inderanya. Untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fisika, khususnya Hukum Newton, perlu adanya media pembelajaran yang dapat dijadikan sarana penyampaian materi pada siswa, salah satunya adalah game edukasi. Game edukasi dapat kita gunakan sebagai sarana dalam menyampaikan materi pembelajaran. Game ini dibuat sesuai dengan spesifikasi kebutuhan yang telah ditentukan dalam perancangan dan berdasarkan salah satu penerapan Hukum Newton, yaitu sistem katrol. Dalam game edukasi ini terdapat sepuluh level yang dapat dimainkan. Berdasarkan hasil pengujian white box , tombol pull terhadap pergerakan katrol menghasilkan jalur kasus uji terpanjang, sehingga membutuhkan waktu eksekusi lebih lama. Pada pengujian validasi menggunakan black-box testing dengan metode playtesting dan combinatorial. Berdasarkan hasil pengujian playtesting dapat disimpulkan bahwa game penerapan Hukum Newton ini dibuat dengan tampilan yang mudah untuk dipahami dengan karakter binatang yang lucu. Pada pengujian combinatorial, tidak ditemukan adanya kesalahan dalam setiap pasangan parameter yang dikombinasikan. Dapat disimpulkan bahwa implementasi dan fungsionalitas game telah memenuhi kebutuhan yang ada dalam daftar kebutuhan.
id IOS4666.146295
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:48:12Z
last_indexed 2021-10-28T07:33:46Z
recordtype dc
_version_ 1751454635686625280
score 17.538404