Rancang Bangun Game Edukasi Pembelajaran Biologi Sel Prokariotik dan Eukariotik untuk Siswa SMA

Main Author: Santoso, Rusliawan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/146237/1/%5BSKRIPSI%5D_Rusliawan_Santoso_-115060801111065.pdf
http://repository.ub.ac.id/146237/
ctrlnum 146237
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/146237/</relation><title>Rancang Bangun Game Edukasi Pembelajaran Biologi Sel Prokariotik dan Eukariotik untuk Siswa SMA</title><creator>Santoso, Rusliawan</creator><subject>004 Computer science</subject><description>Pembuatan game edukasi pembelajaran Biologi-Sel Prokariotik &amp;amp; Eukariotik yang berjudul &#x201C;Prokariotik &amp;amp; Eukariotik Cell Labelling&#x201D; merupakan sebuah game dengan konten edukasi bergenre puzzle yang dirancang menggunakan metode iterative dan rapid prototyping, yang memberikan pelajaran tentang materi Biologi-Sel Prokariotik &amp;amp; Eukariotik secara 2D dengan gameplay dan user interface yang interaktif untuk siswa SMA/MA. Game ini terdiri dari 7 stage yaitu stage sel bakteri, sel hewan, sel tumbuhan, sel nukleus, sel plastida, sel retikulum endoplasma &amp;amp; sel mitokondria. Game edukasi ini juga disisipi dengan informasi tentang sel pada halaman album sel serta latihan soal-soal pada halaman kuis. Untuk menguji fungsionalitas permainan dilakukan pengujian yang terdiri dari pengujian unit, pengujian integrasi, testflow diagram, compabitility testing dan pengujian terhadap pengguna (Focus Testing). Hasil pengujian menunjukkan bahwa fungsionalitas permainan Prokariotik &amp;amp; Eukariotik Cell Labelling telah berjalan dengan baik, berdasarkan lebih dari 90% responden (siswa SMAN 8 Malang) menyatakan bahwa game yang telah dirancang dan dibangun ini menarik dan interaktif serta dapat membantu dan meningkatkan pemahaman siswa tentang materi Biologi &#x2013; Sel Prokariotik &amp;amp; Eukariotik.</description><date>2015-06-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/146237/1/%5BSKRIPSI%5D_Rusliawan_Santoso_-115060801111065.pdf</identifier><identifier> Santoso, Rusliawan (2015) Rancang Bangun Game Edukasi Pembelajaran Biologi Sel Prokariotik dan Eukariotik untuk Siswa SMA. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2015/196/051504817</relation><recordID>146237</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Santoso, Rusliawan
title Rancang Bangun Game Edukasi Pembelajaran Biologi Sel Prokariotik dan Eukariotik untuk Siswa SMA
publishDate 2015
isbn 1150608011110
topic 004 Computer science
url http://repository.ub.ac.id/146237/1/%5BSKRIPSI%5D_Rusliawan_Santoso_-115060801111065.pdf
http://repository.ub.ac.id/146237/
contents Pembuatan game edukasi pembelajaran Biologi-Sel Prokariotik &amp; Eukariotik yang berjudul “Prokariotik &amp; Eukariotik Cell Labelling” merupakan sebuah game dengan konten edukasi bergenre puzzle yang dirancang menggunakan metode iterative dan rapid prototyping, yang memberikan pelajaran tentang materi Biologi-Sel Prokariotik &amp; Eukariotik secara 2D dengan gameplay dan user interface yang interaktif untuk siswa SMA/MA. Game ini terdiri dari 7 stage yaitu stage sel bakteri, sel hewan, sel tumbuhan, sel nukleus, sel plastida, sel retikulum endoplasma &amp; sel mitokondria. Game edukasi ini juga disisipi dengan informasi tentang sel pada halaman album sel serta latihan soal-soal pada halaman kuis. Untuk menguji fungsionalitas permainan dilakukan pengujian yang terdiri dari pengujian unit, pengujian integrasi, testflow diagram, compabitility testing dan pengujian terhadap pengguna (Focus Testing). Hasil pengujian menunjukkan bahwa fungsionalitas permainan Prokariotik &amp; Eukariotik Cell Labelling telah berjalan dengan baik, berdasarkan lebih dari 90% responden (siswa SMAN 8 Malang) menyatakan bahwa game yang telah dirancang dan dibangun ini menarik dan interaktif serta dapat membantu dan meningkatkan pemahaman siswa tentang materi Biologi – Sel Prokariotik &amp; Eukariotik.
id IOS4666.146237
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:48:12Z
last_indexed 2021-10-28T07:33:46Z
recordtype dc
_version_ 1751454636137512960
score 17.538404