Penerapan Algoritma Genetik Untuk Vehicle Routing Problem with Time Windows (VRPTW) Pada Kasus Optimasi Distribusi Beras Bersubsidi
Main Author: | Putri, FarahBahtera |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/146056/1/Skripsi-Farah_Bahtera_Putri-105090600111015.pdf http://repository.ub.ac.id/146056/ |
ctrlnum |
146056 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/146056/</relation><title>Penerapan Algoritma Genetik Untuk Vehicle Routing Problem with Time Windows (VRPTW) Pada Kasus Optimasi Distribusi Beras Bersubsidi</title><creator>Putri, FarahBahtera</creator><subject>005 Computer programming, programs, data</subject><description>Penyaluran Beras Bersubsidi Bagi Kelompok Masyarakat Berpendapatan Rendah (Raskin) merupakan program nasional dari Pemerintah Pusat dan Daerah untuk meningkatkan kesejahteraan dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat berpendapatan rendah. Penyaluran Beras Bersubsidi telah dilakukan Perum Bulog kesetiap pelanggan dengan kebutuhan khusus. Kondisi ini menyebabkan distributor memiliki kesulitan saat melakukan pengiriman beras ke setiap tujuan dengan permintaan, waktu jarak tempuh, dan waktu pelayanan yang berbeda-beda. Solusi yang perlu diperhatikan dalam permasalahan ini adalah menghitung rute optimal dengan batas waktu pelayanan yang sudah ditentukan. Vehicle Routing Problem with Time Windows (VRPTW) dalam Algoritma Genetika mampu menghitung optimasi rute dengan kapasitas kendaraan yang terbatas. Pada penelitian ini terdapat 20 kromosom sebagai pelanggan dengan jarak, jumlah permintaan dan waktu pelayanan (time frame). Jumlah permintaan setiap kromosom dibagi sesuai kapasitas truk. Dari data tersebut akan dibentuk sebuah populasi dengan jumlah yang bervariasi. Ukuran populasi yang optimal dari hasil uji coba adalah 80 populasi. Dengan generasi optimal sebanyak 2500 generasi. Nilai crossover rate dan mutation rate didapat dari nilai fitness terbaik yaitu 0.021716518 dengan crossover rate 0.4 dan mutation rate 0.6. Hasil akhir adalah kromosom terbaik yang merupakan keberhasilan distribusi beras bersubsidi dengan waktu optimal dan jumlah pinalti terendah</description><date>2014-12-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/146056/1/Skripsi-Farah_Bahtera_Putri-105090600111015.pdf</identifier><identifier> Putri, FarahBahtera (2014) Penerapan Algoritma Genetik Untuk Vehicle Routing Problem with Time Windows (VRPTW) Pada Kasus Optimasi Distribusi Beras Bersubsidi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2014/261/051500051</relation><recordID>146056</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Putri, FarahBahtera |
title |
Penerapan Algoritma Genetik Untuk Vehicle Routing Problem with Time Windows (VRPTW) Pada Kasus Optimasi Distribusi Beras Bersubsidi |
publishDate |
2014 |
isbn |
1050906001110 |
topic |
005 Computer programming programs data |
url |
http://repository.ub.ac.id/146056/1/Skripsi-Farah_Bahtera_Putri-105090600111015.pdf http://repository.ub.ac.id/146056/ |
contents |
Penyaluran Beras Bersubsidi Bagi Kelompok Masyarakat Berpendapatan Rendah (Raskin) merupakan program nasional dari Pemerintah Pusat dan Daerah untuk meningkatkan kesejahteraan dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat berpendapatan rendah. Penyaluran Beras Bersubsidi telah dilakukan Perum Bulog kesetiap pelanggan dengan kebutuhan khusus. Kondisi ini menyebabkan distributor memiliki kesulitan saat melakukan pengiriman beras ke setiap tujuan dengan permintaan, waktu jarak tempuh, dan waktu pelayanan yang berbeda-beda. Solusi yang perlu diperhatikan dalam permasalahan ini adalah menghitung rute optimal dengan batas waktu pelayanan yang sudah ditentukan. Vehicle Routing Problem with Time Windows (VRPTW) dalam Algoritma Genetika mampu menghitung optimasi rute dengan kapasitas kendaraan yang terbatas. Pada penelitian ini terdapat 20 kromosom sebagai pelanggan dengan jarak, jumlah permintaan dan waktu pelayanan (time frame). Jumlah permintaan setiap kromosom dibagi sesuai kapasitas truk. Dari data tersebut akan dibentuk sebuah populasi dengan jumlah yang bervariasi. Ukuran populasi yang optimal dari hasil uji coba adalah 80 populasi. Dengan generasi optimal sebanyak 2500 generasi. Nilai crossover rate dan mutation rate didapat dari nilai fitness terbaik yaitu 0.021716518 dengan crossover rate 0.4 dan mutation rate 0.6. Hasil akhir adalah kromosom terbaik yang merupakan keberhasilan distribusi beras bersubsidi dengan waktu optimal dan jumlah pinalti terendah |
id |
IOS4666.146056 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-27T08:48:02Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:33:36Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454637072842752 |
score |
17.538404 |