Penerapan Algoritma Genetik Untuk Vehicle Routing Problem with Time Windows (VRPTW) Pada Kasus Optimasi Distribusi Beras Bersubsidi

Main Author: Putri, FarahBahtera
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/146056/1/Skripsi-Farah_Bahtera_Putri-105090600111015.pdf
http://repository.ub.ac.id/146056/
ctrlnum 146056
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/146056/</relation><title>Penerapan Algoritma Genetik Untuk Vehicle Routing Problem with Time Windows (VRPTW) Pada Kasus Optimasi Distribusi Beras Bersubsidi</title><creator>Putri, FarahBahtera</creator><subject>005 Computer programming, programs, data</subject><description>Penyaluran Beras Bersubsidi Bagi Kelompok Masyarakat Berpendapatan Rendah (Raskin) merupakan program nasional dari Pemerintah Pusat dan Daerah untuk meningkatkan kesejahteraan dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat berpendapatan rendah. Penyaluran Beras Bersubsidi telah dilakukan Perum Bulog kesetiap pelanggan dengan kebutuhan khusus. Kondisi ini menyebabkan distributor memiliki kesulitan saat melakukan pengiriman beras ke setiap tujuan dengan permintaan, waktu jarak tempuh, dan waktu pelayanan yang berbeda-beda. Solusi yang perlu diperhatikan dalam permasalahan ini adalah menghitung rute optimal dengan batas waktu pelayanan yang sudah ditentukan. Vehicle Routing Problem with Time Windows (VRPTW) dalam Algoritma Genetika mampu menghitung optimasi rute dengan kapasitas kendaraan yang terbatas. Pada penelitian ini terdapat 20 kromosom sebagai pelanggan dengan jarak, jumlah permintaan dan waktu pelayanan (time frame). Jumlah permintaan setiap kromosom dibagi sesuai kapasitas truk. Dari data tersebut akan dibentuk sebuah populasi dengan jumlah yang bervariasi. Ukuran populasi yang optimal dari hasil uji coba adalah 80 populasi. Dengan generasi optimal sebanyak 2500 generasi. Nilai crossover rate dan mutation rate didapat dari nilai fitness terbaik yaitu 0.021716518 dengan crossover rate 0.4 dan mutation rate 0.6. Hasil akhir adalah kromosom terbaik yang merupakan keberhasilan distribusi beras bersubsidi dengan waktu optimal dan jumlah pinalti terendah</description><date>2014-12-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/146056/1/Skripsi-Farah_Bahtera_Putri-105090600111015.pdf</identifier><identifier> Putri, FarahBahtera (2014) Penerapan Algoritma Genetik Untuk Vehicle Routing Problem with Time Windows (VRPTW) Pada Kasus Optimasi Distribusi Beras Bersubsidi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2014/261/051500051</relation><recordID>146056</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Putri, FarahBahtera
title Penerapan Algoritma Genetik Untuk Vehicle Routing Problem with Time Windows (VRPTW) Pada Kasus Optimasi Distribusi Beras Bersubsidi
publishDate 2014
isbn 1050906001110
topic 005 Computer programming
programs
data
url http://repository.ub.ac.id/146056/1/Skripsi-Farah_Bahtera_Putri-105090600111015.pdf
http://repository.ub.ac.id/146056/
contents Penyaluran Beras Bersubsidi Bagi Kelompok Masyarakat Berpendapatan Rendah (Raskin) merupakan program nasional dari Pemerintah Pusat dan Daerah untuk meningkatkan kesejahteraan dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat berpendapatan rendah. Penyaluran Beras Bersubsidi telah dilakukan Perum Bulog kesetiap pelanggan dengan kebutuhan khusus. Kondisi ini menyebabkan distributor memiliki kesulitan saat melakukan pengiriman beras ke setiap tujuan dengan permintaan, waktu jarak tempuh, dan waktu pelayanan yang berbeda-beda. Solusi yang perlu diperhatikan dalam permasalahan ini adalah menghitung rute optimal dengan batas waktu pelayanan yang sudah ditentukan. Vehicle Routing Problem with Time Windows (VRPTW) dalam Algoritma Genetika mampu menghitung optimasi rute dengan kapasitas kendaraan yang terbatas. Pada penelitian ini terdapat 20 kromosom sebagai pelanggan dengan jarak, jumlah permintaan dan waktu pelayanan (time frame). Jumlah permintaan setiap kromosom dibagi sesuai kapasitas truk. Dari data tersebut akan dibentuk sebuah populasi dengan jumlah yang bervariasi. Ukuran populasi yang optimal dari hasil uji coba adalah 80 populasi. Dengan generasi optimal sebanyak 2500 generasi. Nilai crossover rate dan mutation rate didapat dari nilai fitness terbaik yaitu 0.021716518 dengan crossover rate 0.4 dan mutation rate 0.6. Hasil akhir adalah kromosom terbaik yang merupakan keberhasilan distribusi beras bersubsidi dengan waktu optimal dan jumlah pinalti terendah
id IOS4666.146056
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:48:02Z
last_indexed 2021-10-28T07:33:36Z
recordtype dc
_version_ 1751454637072842752
score 17.538404