Desain dan Implementasi Virtual Reality 3D Perpustakaan Universitas Brawijaya

Main Author: Suwarto, IputTaufiqurrohman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/145983/1/Skripsi.pdf
http://repository.ub.ac.id/145983/
ctrlnum 145983
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/145983/</relation><title>Desain dan Implementasi Virtual Reality 3D Perpustakaan Universitas Brawijaya.</title><creator>Suwarto, IputTaufiqurrohman</creator><subject>005 Computer programming, programs, data</subject><description>Perpustakaan adalah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, dan dimanfaatkan masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku menggunakan biaya sendiri. Saat mengunjungi perpustakaan seringkali pengunjung menemukan sebuah denah. Denah perpustakaan juga digunakan para pengunjung untuk mencari lokasi buku atau tempat bacaan. Namun, apabila perpustakaan yang dikunjungi sangat luas dan memiliki beberapa lantai, terkadang denah tidak terlalu banyak membantu, dan akhirnya pengunjung pun merasa kesulitan untuk menemukan tempat yang diinginkan. Permasalahan ini diambil untuk merancang sebuah perpustakaan virtual dengan menggunakan teknologi Virtual Reality. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah alternatif yang dapat membantu pemahaman mengenai isi dari suatu arsitektur bangunan lebih dari penggambaran secara 2D atau teks dalam sebuah media yakni melalui Virtual Reality yang berjudul "Virtual Reality 3D Perpustakaan Universitas Brawijaya". Metode dan perancangan Virtual Reality ini memerlukan 3 fase yaitu observasi. perancangan, dan implementasi. Ketiga fase tersebut diperlukan dalam menyeleseikan Virtual Reality ini, dengan memberikan arsitektur bangunan yang menyerupai perpustakaan secara 3D. Dari hasil pengujian yang dilakukan, mulai uji validitas, unit, pengujian pengguna dan performa didapatkan kesimpulan bahwa Virtual Reality 3D perpustakaan ini telah memenuhi kebutuhan fungsional dan non fungsional serta menghasilkan persyaratan minimum spesifikasi perangkat keras untuk mengeksekusi Virtual Reality ini dengan mengambil tingkat performa berdasarkan FPS (Frame per Second).</description><date>2014-07-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/145983/1/Skripsi.pdf</identifier><identifier> Suwarto, IputTaufiqurrohman (2014) Desain dan Implementasi Virtual Reality 3D Perpustakaan Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2014/196/051405116</relation><recordID>145983</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Suwarto, IputTaufiqurrohman
title Desain dan Implementasi Virtual Reality 3D Perpustakaan Universitas Brawijaya
publishDate 2014
topic 005 Computer programming
programs
data
url http://repository.ub.ac.id/145983/1/Skripsi.pdf
http://repository.ub.ac.id/145983/
contents Perpustakaan adalah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, dan dimanfaatkan masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku menggunakan biaya sendiri. Saat mengunjungi perpustakaan seringkali pengunjung menemukan sebuah denah. Denah perpustakaan juga digunakan para pengunjung untuk mencari lokasi buku atau tempat bacaan. Namun, apabila perpustakaan yang dikunjungi sangat luas dan memiliki beberapa lantai, terkadang denah tidak terlalu banyak membantu, dan akhirnya pengunjung pun merasa kesulitan untuk menemukan tempat yang diinginkan. Permasalahan ini diambil untuk merancang sebuah perpustakaan virtual dengan menggunakan teknologi Virtual Reality. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah alternatif yang dapat membantu pemahaman mengenai isi dari suatu arsitektur bangunan lebih dari penggambaran secara 2D atau teks dalam sebuah media yakni melalui Virtual Reality yang berjudul "Virtual Reality 3D Perpustakaan Universitas Brawijaya". Metode dan perancangan Virtual Reality ini memerlukan 3 fase yaitu observasi. perancangan, dan implementasi. Ketiga fase tersebut diperlukan dalam menyeleseikan Virtual Reality ini, dengan memberikan arsitektur bangunan yang menyerupai perpustakaan secara 3D. Dari hasil pengujian yang dilakukan, mulai uji validitas, unit, pengujian pengguna dan performa didapatkan kesimpulan bahwa Virtual Reality 3D perpustakaan ini telah memenuhi kebutuhan fungsional dan non fungsional serta menghasilkan persyaratan minimum spesifikasi perangkat keras untuk mengeksekusi Virtual Reality ini dengan mengambil tingkat performa berdasarkan FPS (Frame per Second).
id IOS4666.145983
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:47:58Z
last_indexed 2021-10-28T07:33:31Z
recordtype dc
_version_ 1751454637583499264
score 17.538404