Analisa dan Perancangan Sistem Pembuatan Layanan Surat di Tingkat Kelurahan (Studi Kasus Kelurahan Tlogowaru Kota Malang)
Main Author: | Astiti, DitaNurYuni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/145935/1/Dita_Nur_Yuni_Astiti_105060803111013.pdf http://repository.ub.ac.id/145935/ |
Daftar Isi:
- Saat ini kegiatan administrasi di bidang kependudukan yang berupa layanan surat yang dikeluarkan di tingkat kelurahan sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat Indonesia guna mendapatkan sebuah pengakuan resmi dari pemerintah Indonesia. Namun pelayanan pembuatan surat yang dilakukan oleh pihak kelurahan untuk warga masih dilakukan secara manual. Pelayanan yang masih belum terkomputerisasi tersebut menunjukkan bahwa sebenarnya ada tahap- tahap yang masih bisa dioptimalkan untuk mempermudah warga dalam mendapatkan pelayanan surat di kelurahan. Sehingga dibutuhkan sebuah sistem, yang mampu mengintegrasikan setiap tahap yang perlu dilakukan warga mulai dari pembuatan surat pengantar oleh Ketua RT hingga surat selesai ditanda tangani oleh Kepala Kelurahan serta sistem yang mampu melacak sampai pada tahap mana surat tersebut diproses. Pada penelitian ini dilakukan pengujian fungsional, non-fungsional dan perbandingan pemodelan proses bisnis as-is dan to-be. Hasil dari pengujian fungsional dan non-fungsional menunjukkan bahwa sistem telah sesuai dengan kasus uji yang ditentukan di awal, sedangkan perbandingan pemodelan as-is dan to be mampu menunjukkan perubahan peningkatan kemudahan warga dalam mengurus pembuatan surat di tingkat kelurahan.