Rancang Bangun Mobile Game Pengenalan Budaya Batik Indonesia Berbasis J2ME”

Main Author: Setyayu, NoveliaKharisma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/145737/1/051306934.pdf
http://repository.ub.ac.id/145737/
ctrlnum 145737
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/145737/</relation><title>Rancang Bangun Mobile Game Pengenalan Budaya Batik Indonesia Berbasis J2ME&#x201D;.</title><creator>Setyayu, NoveliaKharisma</creator><subject>005 Computer programming, programs, data</subject><description>Batik adalah salah satu budaya asli Indonesia, secara konvensional batik merupakan gambar ragam hias di atas sehelai kain dengan menggunakan lilin batik (malam), kemudian diteruskan dengan pemberian warna. Batik merupakan salah satu budaya yang harus dilestarikan. Industri perangkat mobile dari tahun- ketahun selalu mengalami peningkatan. Salah satu asset yang mendukung perkembangan perangkat mobile adalah mobile gaming . Memanfaatkan teknologi yang ada dan untuk menjaga budaya Indonesia diluar cara konvensional dirancanglah sebuah game pengenalan budaya batik Indonesia yang merupakan game dua dimensi (2D) dengan gameplay gabungan genre platformer dan puzzle, yang bertema edukasi pengenalan budaya batik Indonesia. Tujuan dari permainan adalah mengumpulkan potongan puzzle , menyusunnya kemudian mendapatkan informasi tentang budaya batik Indonesia. Perancangan meliputi dua tahapan yaitu game concept design dan technical design kemudian diimplementasi menggunakan platform J2ME dengan bahasa pemrograman Java . Pengujian aplikasi menggunakan metode white-box testing dengan strategi pengujian unit dan pengujian integrasi, serta metode black-box testing dengan strategi pengujian validasi. Pengujian performa permainan dilakukan melalui pengujian FPS ( Frame Per Second) . Dari hasil pengujian didapatkan kesimpulan bahwa game Pengenalan Budaya Batik telah memenuhi kebutuhan fungsional dan non fungsional.</description><date>2013-07-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/145737/1/051306934.pdf</identifier><identifier> Setyayu, NoveliaKharisma (2013) Rancang Bangun Mobile Game Pengenalan Budaya Batik Indonesia Berbasis J2ME&#x201D;. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2013/104/051306934</relation><recordID>145737</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Setyayu, NoveliaKharisma
title Rancang Bangun Mobile Game Pengenalan Budaya Batik Indonesia Berbasis J2ME”
publishDate 2013
topic 005 Computer programming
programs
data
url http://repository.ub.ac.id/145737/1/051306934.pdf
http://repository.ub.ac.id/145737/
contents Batik adalah salah satu budaya asli Indonesia, secara konvensional batik merupakan gambar ragam hias di atas sehelai kain dengan menggunakan lilin batik (malam), kemudian diteruskan dengan pemberian warna. Batik merupakan salah satu budaya yang harus dilestarikan. Industri perangkat mobile dari tahun- ketahun selalu mengalami peningkatan. Salah satu asset yang mendukung perkembangan perangkat mobile adalah mobile gaming . Memanfaatkan teknologi yang ada dan untuk menjaga budaya Indonesia diluar cara konvensional dirancanglah sebuah game pengenalan budaya batik Indonesia yang merupakan game dua dimensi (2D) dengan gameplay gabungan genre platformer dan puzzle, yang bertema edukasi pengenalan budaya batik Indonesia. Tujuan dari permainan adalah mengumpulkan potongan puzzle , menyusunnya kemudian mendapatkan informasi tentang budaya batik Indonesia. Perancangan meliputi dua tahapan yaitu game concept design dan technical design kemudian diimplementasi menggunakan platform J2ME dengan bahasa pemrograman Java . Pengujian aplikasi menggunakan metode white-box testing dengan strategi pengujian unit dan pengujian integrasi, serta metode black-box testing dengan strategi pengujian validasi. Pengujian performa permainan dilakukan melalui pengujian FPS ( Frame Per Second) . Dari hasil pengujian didapatkan kesimpulan bahwa game Pengenalan Budaya Batik telah memenuhi kebutuhan fungsional dan non fungsional.
id IOS4666.145737
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:47:48Z
last_indexed 2021-10-28T07:33:22Z
recordtype dc
_version_ 1751454638973911040
score 17.538404