Pengaruh Rasio Kompresi Terhadap Kinerja Mesin Otto 4 Langkah Sistem Injeksi Berbahan Bakar Cng

Main Author: Ekojati, MHudha
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/145454/1/JURNAL_SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/145454/2/SKRIPSI_BAB_I-V.pdf
http://repository.ub.ac.id/145454/
Daftar Isi:
  • Masih terus digunakannya bahan bakar fosil yang sulit digantikan sampai sekarang akan terus berpengaruh terhadap lingkungan karena hasil gas buang yang dihasilkan dapat menurunkan kualitas udara. Oleh karenanya dibutuhkan sumber bahan bakar yang lebih ramah lingkungan dan dapat terjamin ketersediaannya di masa depan. Salah satu sumber energi yang dapat dijadikan alternatif sebagai pengganti bahan bakar fosil pada motor otto adalah Compressed Natural Gas (CNG). CNG sendiri merupakan jenis bahan bakar yang terbentuk dari gas alam metana (CH4) yang terkompresi pada tekanan penyimpanan 200 bar. Penelitian ini menggunakan mesin otto 4 langkah sistem injeksi satu silinder bervolume 124.8cc dengan ignition timing dan AFR pada kondisi standar. Rasio kompresi divariasikan 9.3 : 1, 10.6 : 1 dan 12.5 : 1 pada putaran mesin dengan variasi putaran 2500-7000 rpm dan interval 500 rpm. Nilai torsi maksimal 0.321 kg×m pada putaran 4500 rpm, daya efektif 3.134 Ps pada putaran 7000 rpm nilai efisiensi termal efektif 20.20 % pada putaran 4500 rpm dan nilai SFCe 0.262 kg×PS-1×jam pada putaran 4500 rpm dengan menggunakan bahan bakar CNG pada rasio kompresi 12.5 : 1.