Perancangan Aplikasi Pembelajaran Knowledge untuk Anak Usia Dini Berbasis RFID

Main Author: Baskoro, ArioDanang
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/145215/1/JURNAL.pdf
http://repository.ub.ac.id/145215/2/MAKALAH_SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/145215/
ctrlnum 145215
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/145215/</relation><title>Perancangan Aplikasi Pembelajaran Knowledge untuk Anak Usia Dini Berbasis RFID,</title><creator>Baskoro, ArioDanang</creator><subject>621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting</subject><description>Tahun-tahun pertama kehidupan anak merupakan masa-masa yang sangat baik untuk suatu formasi atau pembentukan bagi anak, khususnya pada usia 2 hingga 7 tahun, manusia kecil mencoba memulai menghadirkan dunia sekitarnya dalam kata-kata dan gambar, sehingga gambar atau tokoh kemudian menjadi stimulus atau pendorong bagi mereka dalam perkembangan kognitifnya. Hal ini memungkinkan dibuatnya suatu alat bantu edukatif untuk mengasah kemampuan anak-anak yang dapat membantu mengembangkan kemampuan dasar yang meliputi kemampuan kognitif khususnya untuk pendidikan anak usia dini. Perkembangan teknologi sendiri telah sampai pada identifikasi frekuensi radio. Radio frequency Identification (RFID) merupakan sistem identifikasi tanpa kabel yang memungkinkan pengambilan data tanpa kontak langsung. Pada penelitian ini dilakukan desain dan implementasi RFID. Sistem menggunakan modul RFID MFRC522 sebagai sensor utama untuk pendeteksian gambar yang memiliki frekuensi 13,56 MHz dan sesuai dengan frekuensi card tag. Mikrokontroler ATMega16 digunakan sebagai alat pemroses utama. Modul TDB380 mp3 player serta LCD karakter 16x4 digunakan sebagai media informasi audio dan visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan alat berjalan sesuai dengan tujuannya. RFID reader hanya dapat memproses card tag yang kode heksadesimal-nya sudah disimpan dalam database mikrokontroler. Jarak pembacaan card tag yang efektif di bawah 3 cm dengan ketepatan pembacaan sebesar 100%. Reader tidak dapat mendeteksi card tag yang terhalang oleh logam. Reader tidak dapat mendeteksi card tag dengan tepat jika reader diposisikan pada lebih dari satu card tag yang berdekatan pada jarak kurang dari 3 cm. Keluaran audio berupa suara melalui modul pembangkit suara dan keluaran visual berupa tampilan melalui LCD display bisa bekerja dengan baik.</description><date>2016-08-11</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/145215/1/JURNAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/145215/2/MAKALAH_SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> Baskoro, ArioDanang (2016) Perancangan Aplikasi Pembelajaran Knowledge untuk Anak Usia Dini Berbasis RFID,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FT/2016/930/051609976</relation><recordID>145215</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Baskoro, ArioDanang
title Perancangan Aplikasi Pembelajaran Knowledge untuk Anak Usia Dini Berbasis RFID
publishDate 2016
topic 621.3 Electrical
magnetic
optical
communications
computer engineering; electronics
lighting
url http://repository.ub.ac.id/145215/1/JURNAL.pdf
http://repository.ub.ac.id/145215/2/MAKALAH_SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/145215/
contents Tahun-tahun pertama kehidupan anak merupakan masa-masa yang sangat baik untuk suatu formasi atau pembentukan bagi anak, khususnya pada usia 2 hingga 7 tahun, manusia kecil mencoba memulai menghadirkan dunia sekitarnya dalam kata-kata dan gambar, sehingga gambar atau tokoh kemudian menjadi stimulus atau pendorong bagi mereka dalam perkembangan kognitifnya. Hal ini memungkinkan dibuatnya suatu alat bantu edukatif untuk mengasah kemampuan anak-anak yang dapat membantu mengembangkan kemampuan dasar yang meliputi kemampuan kognitif khususnya untuk pendidikan anak usia dini. Perkembangan teknologi sendiri telah sampai pada identifikasi frekuensi radio. Radio frequency Identification (RFID) merupakan sistem identifikasi tanpa kabel yang memungkinkan pengambilan data tanpa kontak langsung. Pada penelitian ini dilakukan desain dan implementasi RFID. Sistem menggunakan modul RFID MFRC522 sebagai sensor utama untuk pendeteksian gambar yang memiliki frekuensi 13,56 MHz dan sesuai dengan frekuensi card tag. Mikrokontroler ATMega16 digunakan sebagai alat pemroses utama. Modul TDB380 mp3 player serta LCD karakter 16x4 digunakan sebagai media informasi audio dan visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan alat berjalan sesuai dengan tujuannya. RFID reader hanya dapat memproses card tag yang kode heksadesimal-nya sudah disimpan dalam database mikrokontroler. Jarak pembacaan card tag yang efektif di bawah 3 cm dengan ketepatan pembacaan sebesar 100%. Reader tidak dapat mendeteksi card tag yang terhalang oleh logam. Reader tidak dapat mendeteksi card tag dengan tepat jika reader diposisikan pada lebih dari satu card tag yang berdekatan pada jarak kurang dari 3 cm. Keluaran audio berupa suara melalui modul pembangkit suara dan keluaran visual berupa tampilan melalui LCD display bisa bekerja dengan baik.
id IOS4666.145215
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:47:20Z
last_indexed 2021-10-28T07:32:53Z
recordtype dc
_version_ 1751454647991664640
score 17.538404