Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Perawatan Berbasis Computerized Maintenance Management Systems (CMMS) (Studi Kasus: PT Temprina Media Grafika, Malang)
Daftar Isi:
- PT. Temprina Media Grafika (TMG) merupakan sebuah perusahaan percetakan milik Jawa Pos Group. PT. TMG setiap harinya memproduksi koran dan menerima order berupa tabloid, buku, majalah, dan produk media cetak lainnya. Masalah yang ada di PT. TMG adalah sering terjadinya keterlambatan tindakan perawatan di Divisi Produksi dan Teknik, khususnya pada regu Teknik yang bertanggung jawab atas kegiatan tersebut. Hal ini dikarenakan sulitnya mengakses data – data perawatan dan tidak adanya peringatan terhadap kegiatan perawatan yang harus dilakukan. Selain itu perekaman data terhadap segala kegiatan yang dilakukan pada regu ini masih menggunakan metode konvensional, dengan menuliskan data secara manual pada lembaran kertas. Sehingga untuk mendapatkan data dan informasi, dibutuhkan proses yang tidak efektif dan efisien. Dari permasalahan tersebut, maka dibutuhkan desain serta prototype sistem informasi manajemen perawatan mesin yang mampu mendukung kegiatan pengolahatan data dan kegiatan perawatan pada Regu Teknik, Divisi Produksi dan Teknik. Perancangan sistem menggunakan pendekatan computerized maintenance management systems (cmms) dengan metode software prototyping. Tahap pertama yang dilakukan adalah menetapkan tujuan prototype. Berikutnya mendefinisikan fungsi prototype, yaitu tahap analisis kebutuhan sistem barupa model kebutuhan sistem, model data, model proses, dan strategi pengembangan. Yang ketiga dilakukan pengembangan prototype dalam bentuk desain sistem hingga implementasi menggunakan software Microsoft Access 2013. Dan yang terakhir melakukan evaluasi prototype dengan uji verifikasi, uji validasi, dan uji prototype. Sistem informasi manajemen perawatan yang dibangun mempunyai 10 tabel, dan 5 form utama yang didesain untuk 4 kategori user berdasarkan jabatan dan fasilitas yang diberikan oleh sistem. Dari 10 tabel tersebut digunakan kedalam 7 query yang berfungsi dalam menyajikan data yang dibutuhkan oleh sistem. Pada setiap form akan memiliki tampilan menu yang berbeda – beda guna menunjang aktifitas dari setiap user. Sistem informasi manajemen perawatan mesin ini dapat mempermudah teknisi dalam mendapatkan informasi kegiatan perbaikan dan perawatan mesin yang harus dilakukan. Hal ini didukung dengan adanya fitur notifikasi tindakan perawatan dan perbaikan yang harus dilakukan ketika masuk ke dalam sistem. Selain itu, seluruh aktifitas pada regu teknik akan terekam dengan baik ke dalam sistem dan mampu diolah dengan cepat dan akurat menjadi report yang tidak hanya bermanfaat bagi user, namun juga dapat digunakan oleh management level dalam membuat analisis dan pengambilan keputusan terkait dengan sistem perawatan pada PT. TMG, Malang. Dengan adanya sistem informasi manajemen perawatan, proses bisnis dari regu teknik dapat berjalan dengan efektif dan efisien, serta lebih responsif dalam pengolahan data dan pencarian informasi.