Pengaruh Perubahan Tarikan Perdagangan Jasa Terhadap Kinerja Jalan Di Jalan Trunojoyo Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember

Main Author: Rini, RurinSetyo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/144922/1/Jurnal_Pure_Rurin_Setyo_Rini%28115060600111030%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/144922/2/SKRIPSIc.pdf
http://repository.ub.ac.id/144922/
Daftar Isi:
  • Kecamatan Kaliwates ditetapkan sebagai pusat perkotaan Kabupaten Jember sehingga pergerakan yang terjadi pada Kecamatan Kaliwates lebih besar daripada wilayah yang lain. Jalan Trunojoyo yang terletak Kecamatan Kaliwates merupakan jalan dengan guna lahan yang beragam dan didominasi oleh guna lahan perdagangan dan jasa. Volume tarikan guna lahan perdagangan dan jasa yang berada di Jalan Trunojoyo memiliki pengaruh terhadap volume lalu lintas. Kinerja Jalan yang terjadi di Jalan Trunojoyo dipengaruhi oleh volume lalu lintas dan kapasitas jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik guna lahan, menghitung kinerja jalan, menyusun model tarikan perdagangan dan jasa serta mengetahui pengaruh perubahan tarikan perdagangan dan jasa terhadap kinerja jalan di Jalan Trunojoyo. Analisis yang digunakan untuk menjawab tujuan tersebut adalah menggunakan analisis kinerja jalan, analisis korelasi, analisis regresi linier berganda dan analisis pengaruh perubahan tarikan perdagangan dan jasa terhadap kinerja jalan. Hasil permodelan tarikan didapatkan 15 jenis model tarikan berdasarkan setiap jenis guna lahan perdagangan dan jasa. Berikut merupakan model tarikan adalah (1) Y supermarket = 4,679 + 2,170(X 53 )+ 0,367(X 55 ) (2) Y toko = 0,802 + 0,482(X 68 ) + 0,518(X 68 ) (3) Y toko makanan dan minuman = 0,826+ 0,248(X 33 ) + 0,845(X 35 ) (4) Y toko bahan bangunan dan perkakas = 0,475 +1,530(X 3 ) (5) Y toko pakaian dan aksesories = 0,687 + 0,273(X 38 ) + 0,755 (X 40 ) (6) Y restoran = 0,706 + 0,857 (X 43 )+ 0,211(X 45 ) (7) Y toko buku dan perlengakapan kantor = 0,242 + 0,090(X 58 )+ 0,613 (X 60 ) (8) Y toko kendaraan bermotor dan perlengakapannya = 0,540 + 0,089(X 23 )+ 0,921(X 25 ) (9) Y toko elektronik = 0,476 + 1,621 (X 63 ) (10) Ybengkel = 0,044 + 0,496 (X 13 ) + 0,053 (X 15 ) (11) Y salon = 0,824 + 0,489(X 48 ) + 0.583(X 50 ) (12) Y penginapan = 0,532 + 0,051 (X 8 )+ 0,505 (X 10 ) (13) Y toko lainnya = 0,659 + 0,413 (X 73 ) + 0,552 (X 75 ) (14) Y ruko = 0,104+ 0,072 (X 78 )+ 0,123 (X 79 )+ 0,883 (X 80 ) (15) Ylaundry = 0,698 + 0,437 (X 28 ) + 0,506 (X 30 ). Dalam perhitungan pengaruh perubahan perdagangan dan jasa terhadap kinerja lalu lintas dengan menggunakan model tarikan perdangangan dan jasa didapatkan perubahan kinerja jalan jika terjadi perubahan volume tarikan perdagangan dan jasa di Jalan Trunojoyo. Berdasarkan asumsi penambahan ruko dan supermarket didapatkan persentase perubahan kinerja jalan meningkat sebesar 90,07%, untuk asumsi penambahan ruko didapatkan persentase perubahan kinerja jalan meningkat sebesar 10,81% serta untuk asumsi penambahan supermarket didapatkan persentase perubahan kinerja jalan meningkat sebesar 79,26%.