Sistem Kontrol Kecepatan Sepeda Listrik Menggunakan Metode Self-Tuning Parameter PI Dengan Metode Logika Fuzzy
Daftar Isi:
- Sistem transportasi merupakan suatu hal yang harus ada. Seiring dengan tingginya tingkat mobilitas masyarakat, Sepeda listrik merupakan salah satu alternatif transportasi bagi masyarakat karena tidak menghasilkan emisi gas buang. Sepeda listrik menggunakan motor arus searah tanpa sikat atau dikenal dengan brushless direct current (BLDC) yang menghasilkan efisiensi tinggi, torsi tinggi, kecepatan tinggi dan biaya perawatan yang rendah. Agar sepeda listrik bekerja dengan optimal, perlu dilakukan pengontrolan. Pada kendaraan sepeda, salah satu beban yang dihadapi adalah tanjakan, di mana sebuah tanjakan dalam keadaan sebenarnya dapat memiliki kemiringan yang berbeda – beda dalam suatu jalan. Karena itu, dibutuhkan sebuah aksi pengontrolan yang dapat beradaptasi dengan kondisi pembebanan yang berubah – ubah tersebut. Sebuah kontroler PI dengan parameter penguatan yang telah ditala sedemikian rupa dapat menghasilkan keluaran yang baik pada beban linier, namun akan kesulitan beradaptasi terhadap pembebanan yang berubah – ubah. Sistem kontrol kecepatan menggunakan metode self-tuning parameter PI dengan metode logika fuzzy digunakan untuk menala parameter penguatan kontroler PI, agar kontroler PI dapat beradaptasi dengan pembebanan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, pada implementasi sistem tanpa beban, dengan setpoint sebesar 120 rpm, didapatkan output sistem yang stabil, memiliki settling time (ts) sebesar 6,9 s, memiliki maximum overshoot (Mp) sebesar 9,3%, dan tidak memiliki error steady–state. Pada implementasi sistem berbeban, didapatkan output sistem yang stabil, memiliki settling time (ts) sebesar 4,9 s, tidak memiliki maximum overshoot (Mp), dan tidak memiliki error steady–state.