Manajemen Lalu Lintas Berdasarkan Evaluasi Kinerja Persimpangan di Jalan Kawi Kecamatan Klojen Kota Malang
Daftar Isi:
- Kecamatan Klojen sebagai pusat dari segala kegiatan di Kota Malang dengan fungsi pelayanan primer memiliki tarikan yang besar bagi kawasan sekitarnya. Jalan Kawi merupakan ruas jalan yang berada pada Kecamatan Klojen yang memiliki 4 titik persimpangan. Persimpangan pada Jalan Kawi memiliki kondisi padat dan memicu tundaan yang besar terutama pada jam-jam puncak. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja persimpangan dan juga memberikan alternatif untuk meningkatkan kinerja persimpangan. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kinerja persimpangan baik simpang bersinyal dan simpang tak bersinyal yang mengacu pada MKJI 1997. Peningkatan kinerja persimpangan dengan penerapan alternatif-alternatif manajemen lalu lintas. Alternatif yang digunakan yaitu manajemen kapasitas yang meliputi perbaikan persimpangan, kontrol on street parking, optimalisasi lampu lalu lintas dan penerapan sistem jalan satu arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja persimpangan pada Jalan Kawi merupakan simpang yang jenuh, hal ini ditunjukkan pada besarnya tundaan rata-rata simpang bersinyal Kawi yang mencapai 294 det/smp dan nilai kapasitas sisa pada simpang tak bersinyal Kawi mencapai -1313 smp/jam. Nilai tersebut menunjukkan tingkat pelayanan pada simpang berada pada tingkat F terutama pada jam-jam puncak. Selanjutnya, dilakukan perhitungan terhadap alternatif-alternatif manajemen lalu lintas, dengan alternatif terpilih yaitu pelarangan berbelok kanan pada setiap persimpangan serta pengoptimalan lampu lalu lintas pada simpang bersinyal. Besarnya tundaan yang dihasilkan yakni sebesar 13-15 det/smp dengan tingkat pelayanan berada pada tingkat B-C, sedangkan tingkat pelayanan yang dihasilkan pada simpang tak bersinyal berada pada tingkat A.