Desain Kontroler PI Pada Sistem Kontrol Kecepatan Sepeda Listrik Dengan Metode Root Locus

Main Author: Azhar, AhmadHanif
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/144789/1/Journal.pdf
http://repository.ub.ac.id/144789/2/laporan_fix.pdf
http://repository.ub.ac.id/144789/
ctrlnum 144789
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/144789/</relation><title>Desain Kontroler PI Pada Sistem Kontrol Kecepatan Sepeda Listrik Dengan Metode Root Locus</title><creator>Azhar, AhmadHanif</creator><subject>621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting</subject><description>Sepeda listrik merupakan salah satu transportasi alternatif yang dapat menggurangi penggunaan bahan bakar fosil dan ramah lingkungan. Dimana penggerak utama dari sepeda listrik ini yaitu motor Brushless Direct Current (BLDC). Motor BLDC ini mempunyai keuntungan yaitu memiliki kecepatan tinggi, respon yang cepat, efisiensi yang tinggi, lebih tahan lama pemakaian, tidak menimbulkan kebisingan, dan juga memungkinkan untuk mendapatkan berbagai kontroler kecepatan. Tetapi motor ini masih memiliki error steady state. Pada penelitian ini menggunakan kontroler Proportional Integral (PI) untuk kontrol kecepatan motor BLDC. Gabungan dari kedua kontroler ini diharapkan agar mendapatkan keluaran sistem yang mempunyai settling time cepat, tidak ada overshoot, dan tidak ada error steady state. Sehingga metode yang digunakan untuk mencari parameter PI yaitu metode root locus. Dimana metode root locus diharapkan untuk mendapatkan respon plant yang baik. Oleh karena itu metode ini digunakan untuk mencari parameter dan didapatkan nilai parameter Kp = 2.7301 dan Ki = 8. Dari parameter tersebut kemudian diimplementasikan pada motor BLDC. Hasil output motor BLDC pada implementasi tanpa diberi gangguan dengan setpoint 100 rpm, 120 rpm, dan 140 rpm memiliki error steady state sebesar 5%, 4.17%, dan 2.14%. sedangkan settling time sebesar 27 detik, 24 detik, dan 20 detik. Dan terdapat overshoot pada setpoint 100 rpm sebesar 7%. Berdasarkan hasil implementasi dengan diberi gangguan pada setpoint 100 rpm, 120 rpm, dan 140 rpm, output akan mengalami perlambatan dan percepatan. Kemudian respon plant kembali keadaan steady state dengan recovery time sebesar 38 detik, 39 detik, dan 40 detik.</description><date>2016-08-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/144789/1/Journal.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/144789/2/laporan_fix.pdf</identifier><identifier> Azhar, AhmadHanif (2016) Desain Kontroler PI Pada Sistem Kontrol Kecepatan Sepeda Listrik Dengan Metode Root Locus. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FT/2016/564/051607923</relation><recordID>144789</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Azhar, AhmadHanif
title Desain Kontroler PI Pada Sistem Kontrol Kecepatan Sepeda Listrik Dengan Metode Root Locus
publishDate 2016
topic 621.3 Electrical
magnetic
optical
communications
computer engineering; electronics
lighting
url http://repository.ub.ac.id/144789/1/Journal.pdf
http://repository.ub.ac.id/144789/2/laporan_fix.pdf
http://repository.ub.ac.id/144789/
contents Sepeda listrik merupakan salah satu transportasi alternatif yang dapat menggurangi penggunaan bahan bakar fosil dan ramah lingkungan. Dimana penggerak utama dari sepeda listrik ini yaitu motor Brushless Direct Current (BLDC). Motor BLDC ini mempunyai keuntungan yaitu memiliki kecepatan tinggi, respon yang cepat, efisiensi yang tinggi, lebih tahan lama pemakaian, tidak menimbulkan kebisingan, dan juga memungkinkan untuk mendapatkan berbagai kontroler kecepatan. Tetapi motor ini masih memiliki error steady state. Pada penelitian ini menggunakan kontroler Proportional Integral (PI) untuk kontrol kecepatan motor BLDC. Gabungan dari kedua kontroler ini diharapkan agar mendapatkan keluaran sistem yang mempunyai settling time cepat, tidak ada overshoot, dan tidak ada error steady state. Sehingga metode yang digunakan untuk mencari parameter PI yaitu metode root locus. Dimana metode root locus diharapkan untuk mendapatkan respon plant yang baik. Oleh karena itu metode ini digunakan untuk mencari parameter dan didapatkan nilai parameter Kp = 2.7301 dan Ki = 8. Dari parameter tersebut kemudian diimplementasikan pada motor BLDC. Hasil output motor BLDC pada implementasi tanpa diberi gangguan dengan setpoint 100 rpm, 120 rpm, dan 140 rpm memiliki error steady state sebesar 5%, 4.17%, dan 2.14%. sedangkan settling time sebesar 27 detik, 24 detik, dan 20 detik. Dan terdapat overshoot pada setpoint 100 rpm sebesar 7%. Berdasarkan hasil implementasi dengan diberi gangguan pada setpoint 100 rpm, 120 rpm, dan 140 rpm, output akan mengalami perlambatan dan percepatan. Kemudian respon plant kembali keadaan steady state dengan recovery time sebesar 38 detik, 39 detik, dan 40 detik.
id IOS4666.144789
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:46:59Z
last_indexed 2021-10-28T07:32:34Z
recordtype dc
_version_ 1751454653970644992
score 17.538404