Rancang Bangun Sistem Pengereman Regeneratif Brushless DC Motor Menggunakan Bidirectional Voltage Source Inverter (VSI)

Main Author: Andrean, Victor
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/144707/1/LAPORAN_AKHIR_SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/144707/
ctrlnum 144707
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/144707/</relation><title>Rancang Bangun Sistem Pengereman Regeneratif Brushless DC Motor Menggunakan Bidirectional Voltage Source Inverter (VSI)</title><creator>Andrean, Victor</creator><subject>621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting</subject><description>Kendaraan listrik dengan tipe Plug in Electric Vehicle (PEV) menggunakan baterai sebagai sumber energinya. Namun, sebagaimana telah diketahui kelemahan utama PEV terletak pada baterai. Efisiensi penggunaan energi baterai yang rendah akan mengakibatkan semakin pendeknya jarak tempuh sebuah kendaraan listrik. Salah satu cara meningkatkan efisiensi penggunaan baterai adalah memanfaatkan regenerasi energi selama proses pengereman elektris, atau yang lebih dikenal dengan istilah pengereman regeneratif. Penelitian ini menggabungkan dua macam teknik pengereman elektris, yaitu pengereman regeneratif, dan pengereman gabungan (regeneratif-plugging) untuk mengatasi kekurangan-kekurangan pada metode pengereman elektris yang sudah ada sebelumnya. Hanya dengan memainkan urutan pensaklaran pada Bidirectional Voltage Source Inverter (VSI), maka proses regenerasi energi dapat dilakukan secara efektif, serta dapat mewujudkan torsi pengereman sesuai dengan keinginan pengendara sampai kendaraan berhenti. Tentu saja metode ini akan menjamin kenyamanan pengendara, disamping akan menghemat biaya produksi karena tidak diperlukannya konverter tambahan dalam penerapannya. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan beban inersia mesin dan roda, didapatkan energi rata-rata yang dapat dikembalikan ke baterai adalah sebesar 0,01 Wh untuk kecepatan awal 30 km/jam dan 0,0186 Wh untuk kecepatan awal 40 km/jam. Apabila dibandingkan dengan besar energi kinetik yang dimiliki roda saat berputar, maka didapatkan prosentase energi kinetik yang dapat dikembalikan ke baterai sebesar 41,82% untuk kecepatan awal 30km/jam, dan sebesar 43,74% untuk kecepatan awal 40km/jam.</description><date>2016-06-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/144707/1/LAPORAN_AKHIR_SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> Andrean, Victor (2016) Rancang Bangun Sistem Pengereman Regeneratif Brushless DC Motor Menggunakan Bidirectional Voltage Source Inverter (VSI). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FT/2016/491/051606202</relation><recordID>144707</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Andrean, Victor
title Rancang Bangun Sistem Pengereman Regeneratif Brushless DC Motor Menggunakan Bidirectional Voltage Source Inverter (VSI)
publishDate 2016
topic 621.3 Electrical
magnetic
optical
communications
computer engineering; electronics
lighting
url http://repository.ub.ac.id/144707/1/LAPORAN_AKHIR_SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/144707/
contents Kendaraan listrik dengan tipe Plug in Electric Vehicle (PEV) menggunakan baterai sebagai sumber energinya. Namun, sebagaimana telah diketahui kelemahan utama PEV terletak pada baterai. Efisiensi penggunaan energi baterai yang rendah akan mengakibatkan semakin pendeknya jarak tempuh sebuah kendaraan listrik. Salah satu cara meningkatkan efisiensi penggunaan baterai adalah memanfaatkan regenerasi energi selama proses pengereman elektris, atau yang lebih dikenal dengan istilah pengereman regeneratif. Penelitian ini menggabungkan dua macam teknik pengereman elektris, yaitu pengereman regeneratif, dan pengereman gabungan (regeneratif-plugging) untuk mengatasi kekurangan-kekurangan pada metode pengereman elektris yang sudah ada sebelumnya. Hanya dengan memainkan urutan pensaklaran pada Bidirectional Voltage Source Inverter (VSI), maka proses regenerasi energi dapat dilakukan secara efektif, serta dapat mewujudkan torsi pengereman sesuai dengan keinginan pengendara sampai kendaraan berhenti. Tentu saja metode ini akan menjamin kenyamanan pengendara, disamping akan menghemat biaya produksi karena tidak diperlukannya konverter tambahan dalam penerapannya. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan beban inersia mesin dan roda, didapatkan energi rata-rata yang dapat dikembalikan ke baterai adalah sebesar 0,01 Wh untuk kecepatan awal 30 km/jam dan 0,0186 Wh untuk kecepatan awal 40 km/jam. Apabila dibandingkan dengan besar energi kinetik yang dimiliki roda saat berputar, maka didapatkan prosentase energi kinetik yang dapat dikembalikan ke baterai sebesar 41,82% untuk kecepatan awal 30km/jam, dan sebesar 43,74% untuk kecepatan awal 40km/jam.
id IOS4666.144707
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:46:55Z
last_indexed 2021-10-28T07:32:29Z
recordtype dc
_version_ 1751454654806360064
score 17.538404