Perancangan dan Pembuatan Kontrol Logika Fuzzy untuk Pengendalian Putaran Engine Berdasarkan Posisi Throttle”

Main Author: Lesmana, Ganda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/144414/1/skripsi_full.pdf
http://repository.ub.ac.id/144414/
ctrlnum 144414
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/144414/</relation><title>Perancangan dan Pembuatan Kontrol Logika Fuzzy untuk Pengendalian Putaran Engine Berdasarkan Posisi Throttle&#x201D;</title><creator>Lesmana, Ganda</creator><subject>621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting</subject><description>Perkembangan teknologi suplai bahan bakar pada mesin sepeda motor telah mengalami kemajuan sangat pesat. Kini, sistem karburator telah digantikan dengan sistem injeksi agar perhitungan jumlah bahan bakar yang disemprotkan ke dalam mesin menjadi presisi. Salah satu permasalahan dalam teknologi otomotif khususnya dalam Engine Control Unit adalah hal tersebut masih menjadi rahasia dari produsen. Sehingga untuk mengatur putaran engine masih cukup sulit karena durasi injektor telah di setting oleh produsen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sepeda motor vario 110 FI sebagai plant penelitian dengan Kontrol Logika Fuzzy (KLF) sebagai sistem kontrol. Dalam penelitian ini KLF menggunakan 3 membership function untuk masukan error dan referensi kecepatan serta keluaran lebar pulsa injeksi, metode inferensi Max-Min, dan metode defuzzifikasi Center of Area (COA). Hasil penelitian pada posisi throttle 0% menunjukkan setpoint kecepatan putaran engine 1500 rpm dengan error steady state sebesar 1,08%, dan pada posisi throttle 5% didapatkan setpoint kecepatan putaran engine 2000 rpm dengan error steady state 0,29%. Dari hasil variasi dua posisi throttle tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa Kontrol Logika Fuzzy dapat menjaga kecepatan putaran engine sama dengan setpoint.</description><date>2016-02-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/144414/1/skripsi_full.pdf</identifier><identifier> Lesmana, Ganda (2016) Perancangan dan Pembuatan Kontrol Logika Fuzzy untuk Pengendalian Putaran Engine Berdasarkan Posisi Throttle&#x201D;. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FT/2016/239/051601948</relation><recordID>144414</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Lesmana, Ganda
title Perancangan dan Pembuatan Kontrol Logika Fuzzy untuk Pengendalian Putaran Engine Berdasarkan Posisi Throttle”
publishDate 2016
topic 621.3 Electrical
magnetic
optical
communications
computer engineering; electronics
lighting
url http://repository.ub.ac.id/144414/1/skripsi_full.pdf
http://repository.ub.ac.id/144414/
contents Perkembangan teknologi suplai bahan bakar pada mesin sepeda motor telah mengalami kemajuan sangat pesat. Kini, sistem karburator telah digantikan dengan sistem injeksi agar perhitungan jumlah bahan bakar yang disemprotkan ke dalam mesin menjadi presisi. Salah satu permasalahan dalam teknologi otomotif khususnya dalam Engine Control Unit adalah hal tersebut masih menjadi rahasia dari produsen. Sehingga untuk mengatur putaran engine masih cukup sulit karena durasi injektor telah di setting oleh produsen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sepeda motor vario 110 FI sebagai plant penelitian dengan Kontrol Logika Fuzzy (KLF) sebagai sistem kontrol. Dalam penelitian ini KLF menggunakan 3 membership function untuk masukan error dan referensi kecepatan serta keluaran lebar pulsa injeksi, metode inferensi Max-Min, dan metode defuzzifikasi Center of Area (COA). Hasil penelitian pada posisi throttle 0% menunjukkan setpoint kecepatan putaran engine 1500 rpm dengan error steady state sebesar 1,08%, dan pada posisi throttle 5% didapatkan setpoint kecepatan putaran engine 2000 rpm dengan error steady state 0,29%. Dari hasil variasi dua posisi throttle tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa Kontrol Logika Fuzzy dapat menjaga kecepatan putaran engine sama dengan setpoint.
id IOS4666.144414
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:46:40Z
last_indexed 2021-10-28T07:32:14Z
recordtype dc
_version_ 1751454660341792768
score 17.538404