Daftar Isi:
  • Peningkatan kualitas pada perusahaan filter rokok dilakukan agar dapat memenuhi kepuasan pelanggan. Untuk mengukur kualitas dilakukan dua kali inspeksi pada saat proses produksi dan sebelum dilakukan packaging. Inspeksi dilakukan untuk mengukur kualitas filter rokok secara visual (roundness, panjang filter) dan non visual (kekuatan perekatan lem terhadap filter). Filter yang tidak sesuai spesifikasi pada saat diinspeksi disebut dengan cacat produk. Produk cacat dapat menyebabkan ketidakpuasan pelanggan yang disampaikan dalam bentuk complain (keluhan) atau tuntutan (claim). Keluhan pelanggan dapat menimbulkan kerugian karena menimbulkan hilangnya kesempatan produk tersebut untuk dijual. Cacat yang sering menyebabkan keluhan pelanggan pada perusahaan filter rokok adalah cacat bursting. Cacat bursting merupakan jenis cacat mayor yang tidak dapat ditoleransi yaitu berupa pecahnya filter rokok. Cacat bursting dapat menyebabkan filter tidak dapat digunakan untuk bahan baku, tidak dapat dirework dan berdampak lebih jauh kepada konsumen yaitu dapat tertelannya kumpulan serat atau filamen-filamen kayu (tow).