Daftar Isi:
  • Tujuan kajian ini adalah menghasilkan rancangan terminal penumpang tipe B di Kecamatan Duduk Sampeyan yang mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan pergerakan bagi penumpang dan kendaraan umum terhadap area di dalam terminal. Terdapat beberapa tahap perancangan yang dilakukan. Hal pertama yang dilakukan adalah tahap menentukan kriteria pergerakan pelaku. Data yang dikumpulkan adalah data yang berhubungan dengan regulasi perancangan terminal penumpang dan regulasi teknis yang membahas mengenai hal yang memuat secara khusus kebutuhan penumpang maupun kendaraan dalam melakukan pergerakan. Sehingga kriteria ini memuat poin umum dan teknis mengenai kemudahan dan kenyamanan pergerakan pelaku. Tahap selanjutnya adalah tahap analisis secara diagramatik mengenai pergerakan masing-masing pelaku. Analisis tersebut bertujuan untuk mengetahui alur pergerakan masing-masing pelaku. Dari alur pergerakan pelaku yang sudah diketahui, hasil tersebut diletakkan pada tapak perancangan dan dianalisis secara skematik untuk disesuaikan dengan kriteria pergerakan pelaku yang sudah didapatkan. Tahap selanjutnya adalah menentukan konsep perancangan dari hasil sintesis pergerakan pelaku sehingga dapat ditransformasikan ke dalam desain arsitektural. Hasil perancangan pergerakan yang menunjang kemudahan bagi penumpang dan kendaraan umum adalah mengurangi resiko kemacetan dengan menggunakan lampu lalu lintas untuk memasuki area terminal, penggunaan platform paralel pada area kedatangan dan keberangkatan kendaraan umum, dan merancang sirkulasi yang menerus sesuai motif penumpang. Selain itu, untuk menunjang pergerakan yang nyaman bagi penumpang dan kendaraan umum adalah membedakan area dan jalur sirkulasi bagi semua kendaraan yang ada di terminal, tatanan parkir yang melancarkan sirkulasi sesuai dengan standar dimensi manuver masing-masing kendaraan, vii pemisahan jalur bagi penumpang dan kendaraan umum, penyediaan fasilitas difabel, pemisahan jalur keberangkatan dan kedatangan bagi penumpang, dan merancang jalur sirkulasi sesuai dengan batas kemampuan manusia berjalan sehingga kenyamanan pergerakan dapat terpenuhi.