Analisis Perbaikan Pada Workstation Edging Dengan Menggunakan Metode CREAM
Main Author: | Satriyo, Bagus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/143865/1/SKRIPSI_FULL.pdf http://repository.ub.ac.id/143865/ |
Daftar Isi:
- Human error adalah suatu kesalahan dalam pekerjaan yang disebabkan oleh ketidaksesuaian atas pencapaian dengan apa yang diharapkan. Dalam lingkungan kerja yang kurang mendukung selalu memungkinkan untuk terjadinya human error. Obyek penelitian ini adalah proses Workstation Edging di PT. Gatra Mapan, Malang. Berdasarkan observasi pendahuluan, terdapat beberapa potensi untuk terjadinya human error. Salah satunya adalah sering terjadi berbagai macam kesalahan yang disebabkan oleh operator yang kurang memperhatikan ketelitian saat mengoperasikan mesin edging. Metode CREAM digunakan untuk membantu manusia dalam mengurangi kegagalan yang berdampak mengurangi kinerja dari manusia dalam melakukan pekerjaan. Kognitif merupakan hal yang berhubungan dengan kognisi manusia atau kegiatan memperoleh pengetahuan. Pada tahap basic method digunakan untuk mengetahui apa faktor penyebab terjadinya potensi human error, sedangkan pada tahap extended method untuk mengetahui nilai HEP yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar potensi kegagalan operator pada workstation edging. Fault tree digunakan untuk analisis tingkat kegagalan sistem secara kualitatif dan kuantitatif Pada pelaksanaan proses workstation edging melibatkan keempat fungsi kognitif. Dari keempat fungsi kognitif yang paling dominan dilakukan oleh operator workstation edging adalah eksekusi. Secara keseluruhan, didapatkan nilai Human Error Probability (HEP) tunggal pada workstation edging sebesar 0,099, dimana HEP tersebut merupakan kategori Probable. Untuk mengurangi potensi human error maka diperlukan rekomendasi perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD), Standard Operating Procedure (SOP), pelatihan dan pengalaman operator.