Daftar Isi:
  • SMK merupakan salah satu sekolah yang dipersiapkan untuk bekerja setelah lulus nantinya. Kota Malang merupakan kota pendidikan dengan kapasitas 50:50 antara SMK dan SMA sehingga diknas pada tahun 2007 berminat menambah jumlah SMK menjadi 70:30 karena permintaan masyarakat agar setelah lulus dari SMK dapat langsung bekerja. SMK sangat diminati masyarakat karena orientasi setelah lulus adalah langsung siap bekerja. Selain itu lulusan SMK dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri. Dalam meningkatkan kualitas belajar siswa didalam dunia pendidikan SMK Otomotif diperlukan adanya pembelajaran teori sekaligus praktikum. Adapun fasilitas ruang yang mendukung pembelajaran ruang teori dan praktikum yaitu ruang kelas dan perbengkelan. Kedua ruang tersebut memiliki karakter dan aktivitas yang berbeda. Barang bekas merupakan barang yang sudah tidak terpakai atau tidak dibutuhkan lagi oleh pemiliknya, namun belum tentu barang itu tidak bisa digunakan lagi. Biasanya alasan orang untuk tidak menggunakannya lagi adalah sudah bosan, atau ingin sesuatu yang baru atau kemungkinan sedang membutuhkan uang sehingga sumber alternatif untuk mendapatkan uang cepat yaitu dengan menjual barang-barangnya yang kiranya bisa dijual. Pemanfaatan barang bekas otomotif yang dilakukan dengan 3R yaitu recycle,reuse,dan reduce sebagai alternatif pemanfaatan daripada dibuang atau tidak digunakan oleh pemiliknya. Dengan dilakukan 3R diharapkan dapat mengurangi pencemaran terhadap lingkungan. Selain itu alternatif cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk mengolah barang bekas otomotif adalah memanfaatkannya menjadi sebuah elemen interior. Pemanfaatan barang bekas otomotif masih sedikit pengaplikasiannya dalam interior ruang. Dikaitkan dengan sekolah otomotif yang berada di kota Malang, pada umumnya masih belum menggunakan barang bekas otomotif untuk dijadikan elemen interior ruang yang fungsinya juga untuk memperkuat identitas sekolah otomotif. Sehingga pemanfaatan barang bekas otomotif untuk elemen interior ruang utama seperti tempat praktek dan teori berfungsi juga sebagai elemen arsitektural dan identitas sekolah untuk membandingkan dengan sekolah pada umumnya.