Rancang Bangun Three Phase Six Step PWM Inverter Sebagai Pedal Assisted System (PAS) Sepeda Listrik

Main Author: Hamdi, IrhamTantowi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/143663/1/SKRIPSI_-_IRHAM_TANTOWI_HAMDI_-_115060300111060.pdf
http://repository.ub.ac.id/143663/
ctrlnum 143663
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/143663/</relation><title>Rancang Bangun Three Phase Six Step PWM Inverter Sebagai Pedal Assisted System (PAS) Sepeda Listrik</title><creator>Hamdi, IrhamTantowi</creator><subject>621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting</subject><description>Sistem transportasi merupakan suatu hal yang harus ada. Mayoritas orang di Indonesia, bersepeda hanya aktifitas sampingan yang dilakukan pada hari libur untuk bersenang-senang dan berolahraga. Namun di Cina, Jepang dan Belanda, sepeda menjadi alat transportasi alternatif untuk bekerja atau kuliah. Sepeda listrik merupakan salah satu alternatif karena tidak ada emisi gas buang. Sepeda listrik konvensional menggunakan metode twist and go. Sistem ini terdiri dari dua mode penggunaan yakni mode kayuhan/manual dan mode otomatis. Ketika mode manual, pengendara harus mengayuh sepedanya. Sedangkan apabila mengunakan sistem otomatis, maka daya tahan baterai akan cepat habis. Dengan perkembangan elektronika daya, teknologi Pedal Assisted System (PAS) muncul untuk meningkatkan efisiensi penggunaan baterai sepeda listrik. Tujuan akhir dalam penelitian ini adalah mengimplementasikan inverter tiga fasa metode six step pulse sebagai pengendali putaran motor BLDC dan pengendalian metode Pedal Assisted System (PAS). Pengendalian putaran motor BLDC dilakukan dengan inverter tiga fasa six step, sensor efek medan, kontroler dan baterai. Sedangkan untuk metode PAS membutuhkan sensor rotary encoder pada pedal. Pengendalian sisem dilakukan dengan membaca putaran pedal, membandingkan dengan setpoint dari kontroler dan memberikan referensi putaran pada motor. Putaran motor dikendalikan dengan mengatur dutycycle pada inverter. Berdasarkan hasil pengujian putaran motor, semakin besar tegangan AC dengan mengatur dutycycle pwm inverter maka putaran motor BLDC semakin cepat berbanding lurus. Namun putaran motor BLDC akan semakin turun dengan penambahan beban. Putaran maksimal motor dengan D = 100% pada beban sepeda sebesar 301 rpm. Dengan membandingkan mode PAS dan otomatis maka didapat kenaikan efisiensi sepeda sebesar 2,71% sampai 3,12% dari kapasitas baterai dalam waktu 10 menit. Namun kenaikan efisiensi tetap bergantung pada seberapa besar kayuhan pedal dari pengendara sepeda.</description><date>2015-08-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/143663/1/SKRIPSI_-_IRHAM_TANTOWI_HAMDI_-_115060300111060.pdf</identifier><identifier> Hamdi, IrhamTantowi (2015) Rancang Bangun Three Phase Six Step PWM Inverter Sebagai Pedal Assisted System (PAS) Sepeda Listrik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FT/2015/550/051506050</relation><recordID>143663</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hamdi, IrhamTantowi
title Rancang Bangun Three Phase Six Step PWM Inverter Sebagai Pedal Assisted System (PAS) Sepeda Listrik
publishDate 2015
isbn 1150603001110
topic 621.3 Electrical
magnetic
optical
communications
computer engineering; electronics
lighting
url http://repository.ub.ac.id/143663/1/SKRIPSI_-_IRHAM_TANTOWI_HAMDI_-_115060300111060.pdf
http://repository.ub.ac.id/143663/
contents Sistem transportasi merupakan suatu hal yang harus ada. Mayoritas orang di Indonesia, bersepeda hanya aktifitas sampingan yang dilakukan pada hari libur untuk bersenang-senang dan berolahraga. Namun di Cina, Jepang dan Belanda, sepeda menjadi alat transportasi alternatif untuk bekerja atau kuliah. Sepeda listrik merupakan salah satu alternatif karena tidak ada emisi gas buang. Sepeda listrik konvensional menggunakan metode twist and go. Sistem ini terdiri dari dua mode penggunaan yakni mode kayuhan/manual dan mode otomatis. Ketika mode manual, pengendara harus mengayuh sepedanya. Sedangkan apabila mengunakan sistem otomatis, maka daya tahan baterai akan cepat habis. Dengan perkembangan elektronika daya, teknologi Pedal Assisted System (PAS) muncul untuk meningkatkan efisiensi penggunaan baterai sepeda listrik. Tujuan akhir dalam penelitian ini adalah mengimplementasikan inverter tiga fasa metode six step pulse sebagai pengendali putaran motor BLDC dan pengendalian metode Pedal Assisted System (PAS). Pengendalian putaran motor BLDC dilakukan dengan inverter tiga fasa six step, sensor efek medan, kontroler dan baterai. Sedangkan untuk metode PAS membutuhkan sensor rotary encoder pada pedal. Pengendalian sisem dilakukan dengan membaca putaran pedal, membandingkan dengan setpoint dari kontroler dan memberikan referensi putaran pada motor. Putaran motor dikendalikan dengan mengatur dutycycle pada inverter. Berdasarkan hasil pengujian putaran motor, semakin besar tegangan AC dengan mengatur dutycycle pwm inverter maka putaran motor BLDC semakin cepat berbanding lurus. Namun putaran motor BLDC akan semakin turun dengan penambahan beban. Putaran maksimal motor dengan D = 100% pada beban sepeda sebesar 301 rpm. Dengan membandingkan mode PAS dan otomatis maka didapat kenaikan efisiensi sepeda sebesar 2,71% sampai 3,12% dari kapasitas baterai dalam waktu 10 menit. Namun kenaikan efisiensi tetap bergantung pada seberapa besar kayuhan pedal dari pengendara sepeda.
id IOS4666.143663
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:46:06Z
last_indexed 2021-10-28T07:31:37Z
recordtype dc
_version_ 1751454667418632192
score 17.538404