PengaruhEquivalent RatioTerhadapEmisi Gas Buang Motor Bensin 4 LangkahdenganSistemInjeksiBerbahan Bakar CNG
Main Author: | Hidayat, SyafrilAbdillah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/143596/1/BAB_V.pdf http://repository.ub.ac.id/143596/2/COVER%2BDAFTAR_ISI.pdf http://repository.ub.ac.id/143596/3/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://repository.ub.ac.id/143596/3/BAB_I.pdf http://repository.ub.ac.id/143596/4/BAB_II.pdf http://repository.ub.ac.id/143596/5/BAB_III.pdf http://repository.ub.ac.id/143596/6/BAB_IV.pdf http://repository.ub.ac.id/143596/ |
Daftar Isi:
- Semakin tinggi pemakaianenergifosilolehmanusiatelahmenghasilkanemisi gas rumahkaca yang meningkatkantemperaturbumi. Kesadaranmasyarakatakanlingkungansemakintinggi. Olehkarenaitu, teknologi yang tidakramahlingkunganakanditinggalkan, sedangkanenergi yang ramahterhadaplingkunganakanmenjadisuatupilihanuntukdikembangkan. PenelitianterkaitpenggunaanbahanbakarkendaraanbermotorramahlingkungandibandingkanbensintelahdilakukandenganmenggunakanbahanbakarCompressed Natural Gas (CNG). Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhequivalent ratioterhadapemisi gas buang motor bensin 4 langkahsisteminjeksiberbahanbakar CNG. Penelitianinidikontrolmenggunakanthrottle butterfly valvesehinggadidapatkanvariasi debit udaradenganbedatekanan 30 mmH2O - 100 mmH2O dengankelipatan 5 mmH2O. Sementaraitu, massaalirbahanbakardibuatkonstansebesar 8 liter/menitdantransmisimesindikondisikannetral. Berdasarkanhasilanalisisdiketahuibahwa semakinbertambahnya equivalent ratiopada motor bensin 4 langkahdengansisteminjeksiakanmenghasilkantingkatemisi CO dan HC yang semakinrendah, sedangkannilaiemisi CO2 yang semakinnaikhinggatitikstoikhiometrikemudianturunkembali, untuk gas O2danexcess airmengalamipenurunan. Hal tersebutterjadidikarenakanpembakarantidaksempurna akibatcampuran kaya bahanbakarakibatpenambahanequivalent ratio.Equivalent Ratiostoikiometri CNGdidapatkansebesar 1,0 dan Equivalent Ratiostoikiometribensindidapatkansebesar 0,999. PenggunaanbahanbakarCNG dibanding bahan bakar bensin dapat mengurangi emisi COsebesar 62,97%, CO2sebesar 32,23%, dan HC sebesar 40,49 %.