Daftar Isi:
  • Semakin tinggi pemakaianenergifosilolehmanusiatelahmenghasilkanemisi gas rumahkaca yang meningkatkantemperaturbumi. Kesadaranmasyarakatakanlingkungansemakintinggi. Olehkarenaitu, teknologi yang tidakramahlingkunganakanditinggalkan, sedangkanenergi yang ramahterhadaplingkunganakanmenjadisuatupilihanuntukdikembangkan. PenelitianterkaitpenggunaanbahanbakarkendaraanbermotorramahlingkungandibandingkanbensintelahdilakukandenganmenggunakanbahanbakarCompressed Natural Gas (CNG). Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhequivalent ratioterhadapemisi gas buang motor bensin 4 langkahsisteminjeksiberbahanbakar CNG. Penelitianinidikontrolmenggunakanthrottle butterfly valvesehinggadidapatkanvariasi debit udaradenganbedatekanan 30 mmH2O - 100 mmH2O dengankelipatan 5 mmH2O. Sementaraitu, massaalirbahanbakardibuatkonstansebesar 8 liter/menitdantransmisimesindikondisikannetral. Berdasarkanhasilanalisisdiketahuibahwa semakinbertambahnya equivalent ratiopada motor bensin 4 langkahdengansisteminjeksiakanmenghasilkantingkatemisi CO dan HC yang semakinrendah, sedangkannilaiemisi CO2 yang semakinnaikhinggatitikstoikhiometrikemudianturunkembali, untuk gas O2danexcess airmengalamipenurunan. Hal tersebutterjadidikarenakanpembakarantidaksempurna akibatcampuran kaya bahanbakarakibatpenambahanequivalent ratio.Equivalent Ratiostoikiometri CNGdidapatkansebesar 1,0 dan Equivalent Ratiostoikiometribensindidapatkansebesar 0,999. PenggunaanbahanbakarCNG dibanding bahan bakar bensin dapat mengurangi emisi COsebesar 62,97%, CO2sebesar 32,23%, dan HC sebesar 40,49 %.