Pengembangan Filter Partikulat Pm0,1 Dan Pm2,5 Berbasis Kapasitor Multi Bertegangan Rendah Dc Untuk Sistem Pembuangan Emisi Sepeda Motor
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah metode baru dalam sistem filtrasi partikel submikron (PM0.1 (yang dikenal pula sebagai partikel ultrafine) dan PM2.5 yang diemisikan oleh sepeda motor. Filter ini berbasis pada teori elektrostatis dalam menangkap partikel-partikel menggunakan variasi tegangan rendah arus searah (DC) sebesar 4 Volt, 6 Volt, 8 Volt, 10 Volt, dan 12 Volt dari aki sepeda motor. Filter terdiri atas kapasitor multi dengan jarak antar plat antara 9 sampai dengan 36 mm (F1, F2, F3, dan F4). Kinerja dari filter tersebut diinterpretasikan sebagai efisiensi filter dalam mengurangi konsentrasi partikel PM0,1 dan PM2,5 (adanya perbedaan konsentrasi antara sebelum dan sesudah difilter) yang diemisikan sepeda motor. Konsentrasi partikel diukur menggunakan TSI P-Trak Ultrafine Particle Counter Model 8525 dan Kanomax Digital Dust Monitor Model 3443. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filter mampu mengurangi konsentrasi partikel submikron tersebut dengan efisiensi sebesar 5% hingga 42 % yang bergantung pada besar tegangan yang digunakan dan jarak antar plat.