Daftar Isi:
  • Pasar Tradisional Blega menimbulkan tarikan pergerakan kendaraan pada ruas jalan disekitarnya sehingga mempengaruhi kinerja ruas jalan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh aktivitas pasar terhadap kinerja ruas Jalan Raya Blega, serta mengidentifikasi arahan manajemen lalu lintas yang sesuai dengan kondisi ruas jalan disekitar Pasar Blega. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan with or without. Variabel yang digunakan yaitu kinerja lalu lintas ruas jalan, karakteristik pergerakan kendaraan dan hambatan samping akibat aktivitas pasar, serta manajemen dan rekayasa lalu lintas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengaruh aktivitas pasar yang berupa hambatan samping menurunkan tingkat pelayanan ruas jalan sebesar 27,52%, dan pengaruh aktivitas pasar yang berupa tarikan pergerakan arus lokal menurunkan tingkat pelayanan ruas jalan pada segmen I dari level D ke level E dan pada segmen II dari level C ke level D, serta percampuran arus kendaraan lokal dan menerus mempengaruhi ruas Jalan Raya Blega sebesar 82,61% untuk arus menerus dan 17,39% untuk arus lokal dari total volume kendaraan 3197 kendaraan/jam. Manajemen lalu lintas yang sesuai untuk penanganan masalah dalam penelitian ini yaitu manajemen kapasitas yang berupa penertiban hambatan samping akibat aktivitas pasar dan pengalihan arus kendaraan menerus yang dapat memaksimalkan kapasitas ruas jalan dan meningkatkan tingkat pelayanan ruas jalan hingga satu level.