Perancangan Website E-Commerce Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Produk Pada Toko Mebel Dengan Menggunakan Tool Opencart (Studi Kasus: Toko Mebel Fortuna)

Main Author: Widodo, AdrianPeter
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 1900
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/143056/1/SKRIPSI_ADRIAN_PETER_WIDODO_0910670044.pdf
http://repository.ub.ac.id/143056/
ctrlnum 143056
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/143056/</relation><title>Perancangan Website E-Commerce Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Produk Pada Toko Mebel Dengan Menggunakan Tool Opencart (Studi Kasus: Toko Mebel Fortuna)</title><creator>Widodo, AdrianPeter</creator><subject>670 Manufacturing</subject><description>Toko mebel Fortuna merupakan toko mebel di Malang yang menjual berbagai jenis mebel. Ada banyak produk yang ditawarkan oleh toko mebel Fortuna, mulai dari meja kerja, meja belajar, meja komputer, meja hias, meja makan, dan kursi-kursi serta ranjang-ranjang yang bervariasi. Penjualan yang dilakukan tidak hanya secara eceran namun pembeli dapat memesan dalam jumlah banyak. Selain menjual ke konsumen, toko mebel Fortuna pun memiliki fungsi sebagai distributor ke toko-toko yang lain. Sistem pengelolaan data, baik data produk maupun data penjualan di toko Fortuna masih manual dan berupa kertas, begitu pula sistem promosi Toko masih menggunakan cara konvensional (brosur, mouth to mouth). apabila ada penambahan barang, toko pun harus mengubah katalog barang secara manual pada katolog tokonya. Sistem pemasaran seperti ini juga memiliki kelemahan yang besar yaitu pemasaran hanya bersifat lokal atau di sekitar daerah itu saja. Oleh karena itu, penelitian ini memberi solusi untuk merancang suatu sistem berbasis website yang mempermudah toko mebel Fortuna dalam proses pemasaran produk yang dapat meningkatkan penjualan produk mebel di toko Fortuna. Pada penelitian ini, kegiatan bisnis yang diterapkan menggunakan metode pemasaran secara online (e-commerce) sedangkan tools yang digunakan untuk membuat sistem adalah Opencart. Proses bisnis dapat berjalan lebih cepat karena proses berjalan secara otomatis dan dapat diakses secara online. Perancangan sistem e-commerce ini menggunakan metode waterfall yang terdiri dari fase Planning, Analysis system, Design dan Implementation. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah perancangan prototype website ecommerce toko mebel Fortuna yang terdiri atas dua pengguna yaitu admin dan customer. Dari hasil uji verifikasi didapatkan hasil bahwa program telah berjalan sesuai dengan logika alur sistem. Uji validasi bertujuan untuk memeriksa proses yang dirancang sesuai dengan kebutuhan pengguna yaitu admin dan customer. Dari sisi kebutuhan customer sudah terpenuhi, yaitu mulai proses registrasi hingga menampilkan pemesanan yang pernah dilakukan. Dari sisi kebutuhan admin juga sudah terpenuhi, mulai dari pengelolaan database produk dan customer hingga promosi secara online. Uji prototipe bertujuan membandingkan sistem lama dengan sistem yang baru, dan sistem e-commerce ini memiliki keunggulan dalam pengelolaan database penjualan dan promosi yang dapat dilakukan secara otomatis dan cepat dan menggunakan biaya yang lebih sedikit.</description><date>1900-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/143056/1/SKRIPSI_ADRIAN_PETER_WIDODO_0910670044.pdf</identifier><identifier> Widodo, AdrianPeter (1900) Perancangan Website E-Commerce Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Produk Pada Toko Mebel Dengan Menggunakan Tool Opencart (Studi Kasus: Toko Mebel Fortuna). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FT/2014/721/051408321</relation><recordID>143056</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Widodo, AdrianPeter
title Perancangan Website E-Commerce Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Produk Pada Toko Mebel Dengan Menggunakan Tool Opencart (Studi Kasus: Toko Mebel Fortuna)
publishDate 1900
isbn 9780910670043
topic 670 Manufacturing
url http://repository.ub.ac.id/143056/1/SKRIPSI_ADRIAN_PETER_WIDODO_0910670044.pdf
http://repository.ub.ac.id/143056/
contents Toko mebel Fortuna merupakan toko mebel di Malang yang menjual berbagai jenis mebel. Ada banyak produk yang ditawarkan oleh toko mebel Fortuna, mulai dari meja kerja, meja belajar, meja komputer, meja hias, meja makan, dan kursi-kursi serta ranjang-ranjang yang bervariasi. Penjualan yang dilakukan tidak hanya secara eceran namun pembeli dapat memesan dalam jumlah banyak. Selain menjual ke konsumen, toko mebel Fortuna pun memiliki fungsi sebagai distributor ke toko-toko yang lain. Sistem pengelolaan data, baik data produk maupun data penjualan di toko Fortuna masih manual dan berupa kertas, begitu pula sistem promosi Toko masih menggunakan cara konvensional (brosur, mouth to mouth). apabila ada penambahan barang, toko pun harus mengubah katalog barang secara manual pada katolog tokonya. Sistem pemasaran seperti ini juga memiliki kelemahan yang besar yaitu pemasaran hanya bersifat lokal atau di sekitar daerah itu saja. Oleh karena itu, penelitian ini memberi solusi untuk merancang suatu sistem berbasis website yang mempermudah toko mebel Fortuna dalam proses pemasaran produk yang dapat meningkatkan penjualan produk mebel di toko Fortuna. Pada penelitian ini, kegiatan bisnis yang diterapkan menggunakan metode pemasaran secara online (e-commerce) sedangkan tools yang digunakan untuk membuat sistem adalah Opencart. Proses bisnis dapat berjalan lebih cepat karena proses berjalan secara otomatis dan dapat diakses secara online. Perancangan sistem e-commerce ini menggunakan metode waterfall yang terdiri dari fase Planning, Analysis system, Design dan Implementation. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah perancangan prototype website ecommerce toko mebel Fortuna yang terdiri atas dua pengguna yaitu admin dan customer. Dari hasil uji verifikasi didapatkan hasil bahwa program telah berjalan sesuai dengan logika alur sistem. Uji validasi bertujuan untuk memeriksa proses yang dirancang sesuai dengan kebutuhan pengguna yaitu admin dan customer. Dari sisi kebutuhan customer sudah terpenuhi, yaitu mulai proses registrasi hingga menampilkan pemesanan yang pernah dilakukan. Dari sisi kebutuhan admin juga sudah terpenuhi, mulai dari pengelolaan database produk dan customer hingga promosi secara online. Uji prototipe bertujuan membandingkan sistem lama dengan sistem yang baru, dan sistem e-commerce ini memiliki keunggulan dalam pengelolaan database penjualan dan promosi yang dapat dilakukan secara otomatis dan cepat dan menggunakan biaya yang lebih sedikit.
id IOS4666.143056
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:45:35Z
last_indexed 2021-10-28T07:31:06Z
recordtype dc
_version_ 1751454672645783552
score 17.538404