Pengendalian Kecepatan Putaran Gas Engine Pada Uav Rc Airplane Menggunakan Kontrol Logika Fuzzy

Main Author: Firmansyah, RezaAdin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/143053/1/Reza_Adin_F._%28105060301111007%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/143053/
Daftar Isi:
  • Penggunaan serta kebutuhan spesifikasi dari UAV ( unmanned aerial vehicle ) atau pesawat tanpa awak semakin meningkat dari masa ke masa. Usaha peningkatan performa UAV ini dipandang dari aspek sistem kecepatannya. UAV pada umumnya menggunakan motor DC sebagai pendorong utamanya, hal ini memiliki beberapa kelemahan seperti kecepatan putaran, torsi, dan lama terbang yang terbatas. Salah satu alternatif penggantinya adalah dengan penggunaan Gas Engine . UAV yang mulai menggunakan Gas Engine adalah RC Airplane. Gas Engine ini adalah motor bakar yang bekerja secara mekanik sehingga perlu dikendalikan secara elektrik, dalam hal ini kecepatan putarannya. Solusi dari hal tersebut yaitu mengendalikan throttle melalui aktuator motor ser vo secara otomatis dengan menggunakan Kontrol Logika Fuzzy (KLF). D iharapkan dengan adanya sistem pengendalian ini, erro r kecepatan putaran pada Gas Engine ini dapat di kurangi , sehingga putaran Gas Engine dapat sesuai dengan kecepatan yang diinginkan dan sesuai dengan kebutuhan UAV . Proses perancangan KLF pada penelitian ini menggunakan 5 Membership Function (MF) dengan metode inferensi Max-Min dan metode Defuzzifikasi Weighted Average (WA) pada setpoint 6000 rpm menghasilkan respon sistem dengan nilai error steady state sebesar 2,17% dan mampu kembali steady ketika mendapatkan gangguan perubahan aliran angin melalui pengujian windtunnel / terowongan angin dengan nilai error steady state 2,27%.