Daftar Isi:
  • Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis harga air dan menganalisis tingkat kepuasan pelanggan. Analisis harga air ini berdasarkan beberapa ketentuan kelayakan ekonomi di PDAM Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo dari masa sekarang dan masa yang akan datang, serta memprediksi kebutuhan air dan harga air bersih hingga tahun 2018, sehingga kebutuhan akan air bersih dapat diidentifikasi sejak dini dan harga air bersih pada tahun mendatang merupakan harga yang layak secara ekonomi. Analisis kelayakan ekonomi di PDAM Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo ini dilakukan dengan menganalisis menggunakan parameter nilai tunai bersih Net Present Value (NPV), nisbah manfaat biaya Benefit Cost Ratio (BCR), titik impas Break Even Point (BEP), dan tingkat pengembalian internal Internal Rate Of Return (IRR). Sedangkan analisis diskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif menggunakan Teknik Analisis Jalur (Path Analysis) terhadap Kepuasan Pelanggan dilakukan dengan menganalisis variabel Tangible (X1), Reality (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4) dan Emphaty (X5). Untuk prediksi harga air bersih hingga tahun 2018, dimulai dengan memprediksi jumlah penduduk, kemudian memproduksi jumlah air bersih yang harus diproduksi PDAM hingga tahun 2018, setelah itu memprediksi biaya usaha yang terdiri dari biaya tetap, biaya investasi dan biaya variabel hingga tahun 2018, sehingga untuk penentuan harga air bersih hingga tahun 2018 berdasarkan pada biaya usaha yang harus dikeluarkan PDAM Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo setiap tahunnya dan berapa jumlah produksi air bersih serta kebocoran air setiap tahunnya. Dari hasil penelitian diketahui bahwa penentuan harga air bersih di PDAM Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo saat ini ternyata sudah dapat memenuhi syarat kelayakan ekonomi dan tarif dasar air bersih per – m3 yang dapat dianggap layak secara ekonomi serta memenuhi prinsip keterjangkauan penduduk di daerah layanan untuk tahun 2014 adalah Rp. 2518,7; Tahun 2015 adalah Rp. 2757,74; Tahun 2016 adalah Rp. 3014,9 ; Tahun 2017 adalah Rp. 3282,76 ; Tahun 2018 adalah Rp. 3567,04. Sedangkan hasil kajian sosial berdasarkan analisis diskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif menggunakan Teknik Analisis Jalur (Path Analysis) diketahui bahwa variabel-variabel yang berkontribusi signifikan terhadap kepuasan pelanggan PDAM Kabupaten Probolinggo di Kecamatan Leces adalah : Tangible/Pelayanan Bersifat Nyata (X1) sebesar 27,22 %, Responsiveness/Bersikap Tanggap (X3) sebesar 8,70 % dan Assurance/Dapat Menjamin (X4) sebesar 0,89 %.