Kajian Lalu Lintas Di Kawasan Pintu Gerbang Universitas Brawijaya Jalan Veteran Kota Malang
Main Author: | Mahendra, YusrizalIhza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/142908/1/SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/142908/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan kemacetan di pintu gerbang Universitas Brawijaya (UB) disebabkan oleh antrian kendaraan yang ditimbulkan oleh traffiic light yang letaknya berdekatan dengan pintu gerbang UB di jalan Veteran, sehingga ikut menimbulkan antrian kendaraan yang ingin masuk pintu gerbang UB. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan suatu solusi yang tepat berupa penelitian untuk memperbaiki kinerja impang pintu gerbang UB di Jalan Veteran supaya lebih optimal dan lebih baik lagi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pada kawasan pintu gerbang UB di jalan Veteran serta membuat rekayasa lalu lintas dengan kinerja yang lebih baik. Survei yang dilakukan dalam penelitian ini adalah survei volume lalu lintas. Survei volume lalu lintas diperoleh secara langsung dari lapangan dengan mencatat semua jenis kendaraan pada titik-titik yang telah ditentukan. Klasifikasi kendaraan yang diamati adalah kendaraan ringan/LV (mobil penumpang/angkot, pick up, taxi, mobil pribadi), kendaraan berat/HV (truk, bus), sepeda motor dan kendaraan tak bermotor (sepeda, becak). Pelaksanaan survei dilakukan pada tanggal 13 dan 16 September 2013. Untuk tanggal 13 September 2013 dilaksanakan pada pukul 06.00-08.00, 11.00-13.00 dan 15.00-17.00. Sedangkan untuk tanggal 16 Sepetember 2013 dilaksanakan pada pukul 06.00-08.00 dan 15.00-17.00. Analisa kinerja untuk penelitian ini mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Untuk mengetahui tingkat pelayanan suatu simpang yang harus perlu diketahui adalah derajat kejenuhan (DS). Derajat Kejenuhan yang diperoleh pada kondisi eksisting simpang bersinyal empat kaki Jalan Sumbersari-Jalan Veteran-Jalan Bendungan Sutami-Jalan Bendungan Sigura-Gura adalah 0,46 untuk pendekat utara; 1,13 pendekat selatan; 1,24 pendekat timur dan 1,75 pendekat barat. Sehingga tingkat pelayanan pada simpang ini adalah F. Kondisi eksisting jalinan bundaran pintu gerbang UB didapatkan DS sebesar 0,81 yang berarti tingkta pelayanannya adalah D. Kondisi eksisting jalinan tunggal Jalan Veteran (depan Polteknik Negeri Malang) didapatkan DS sebesar 0,80 yang berarti tingkat pelayanannya adalah D. Perbaikan kinerja untuk simpang bersinyal empat kaki Jalan Sumbersari-Jalan Veteran-Jalan Bendungan Sutami-Jalan Bendungan Sigura-Gura adalah dengan menjadikan salah satu lengan yaitu lengan Jalan Sumbersari menjadi satu arah dan simpang bersinyal diubah menjadi simpang tak bersinyal. Derajat kejenuhan setelah diperbaiki adalah 1,31. Meskipun tingkat pelayanan masih berada di F tetapi pada kondisi ini DS mengalami penurunan. Perbaikan kinerja jalinan bundaran pintu gerbang UB adalah dengan menutup sebagian bundaran pada sisi timur dan pintu gerbang UB sisi kedokteran hanya boleh dilalui kendaraan roda empat. Dari perbaikan ini didapatkan DS 0,58 yang tingkat pelayanannya adalah C. Akibat dari perbaikan ini, kondisi jalinan tunggal Jalan Veteran mengalami peningkatan DS dari 0,80 menjadi 1,03. Untuk menurunkan nilai DS pada jalinan tunggal jalan veteran dilakukan perubahan pada lebar masuk dan lebar jalinan. Hasil derajat kejenuhan yang didapatkan setelah adanya perbaikan adalah sebesar 0,93.