Pengaruh Variasi Sudut Tirus Pin Dan Rotation Speed Terhadap Kekuatan Tarik Sambungan Las Hasil Friction Stir Welding Pada Aluminium
Main Author: | Asmono, TiyoBudi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/142738/1/skripsi_lngkap.pdf http://repository.ub.ac.id/142738/ |
Daftar Isi:
- Friction stir welding (FSW) merupakan salah satu teknik pengelasan baru yang diciptakan oleh The Welding Institute (TWI),Cambridge,Inggris.FSW termasuk unconsumable solid-state joining process yang berarti pengelasan tanpa bahan tambah dan suhu kerjanya tidak melewati titik lebur benda kerja. Prinsip kerja dari FSW adalah memanfaatkan gesekan dari tool yang berputar dan bergerak pada alur pengelasan dengan benda kerja yang diam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh parameter - parameter utama yang ada pada proses pengelasan FSW (friction stir welding) terhadap kekuatan tarik sambungan las Aluminium, pada penelitian kali ini pengelasan akan dilakukan dengan bantuan mesin milling standar, dan tipe sambungan yang digunakan adalah butt joint. Pada penelitian kali ini melibatkan tiga parameter utama, dimana dua parameter yaitu sudut tirus pin dan rotation speed divariasikan,dan travelspeed (kecepatan pengelasan) dijaga konstan. Sudut tirus yang digunakan (1010; 1120;1210 dan 1290 sedangkan rotation speed (1096; 1452; dan 1842 rpm) dan kecepatan pengelasan dijaga konstan pada 55 mm/menit.Dari penelitian kali ini tegangan tarik maksimum yang diperoleh adalah 116,05 MPa, tegangan tarik maksimum yang diperoleh merupakan hasil pengelasan pada kondisi dimana sudut tirus 1210 dan rotation speed 1842 rpm.