Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu sistem yang dapat digunakan untuk mengolah suatu bentuk citra labirin dua dimensi kedalam edge dan vertex. Pada suatu citra labirin yang terdiri dari dinding dan jalan, sistem ini akan dapat merepresentasikannya kedalam bentuk edge dan vertex yang nantinya digunakan oleh algoritma pencari jalur terbaik. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengambil suatu citra labirin dari file. Dari citra tersebut, kemudian dilakukan perbaikan citra dengan mengubah citra ke dalam citra abu – abu (grayscale) dan selanjutnya mengubahnya ke dalam bentuk citra biner atau hitam – putih. Operasi selanjutnya adalah dengan mencari titik tengah dari masing – masing dinding dan jalan yang nantinya akan diseleksi untuk mendapatkan vertexnya. Pencarian edge dilakukan melalui pengecekan dua vertex yang saling berdekatan untuk mengetahui vertex tersebut saling berhubungan atau tidak dan dilanjutkan dengan mengurangkan koordinat vertex tersebut untuk memperoleh weight dari edge tersebut. Hasil akhir berupa graph yang nantinya disimpan dalam bentuk plaintext. Pengujian sistem dilakukan dengan membandingkan hasil edge dan vertex dari perhitungan manual dengan hasil dari sistem yang dibuat. Serta melakukan pengujian hasil output dengan melakukan load data output ke dalam aplikasi yang telah dibuat.