Pengambilan Keputusan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Anp Dan Fuzzy Topsis (Studi Kasus Pt. Mermaid Textile Indonesia Mojokerto)
Daftar Isi:
- PT. Mermaid Textile Indonesia Mojokerto merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industri tekstil. Pada penerapan strategi pemasarannya khususnya untuk produk seragam sekolah masih terdapat beberapa kelemahan yang menyebabkan pangsa pasar perusahaan akan produk tersebut cukup rendah. Penerapan strategi pemasaran perusahaan selama ini hanya berdasarkan metode ilmiah dari pengalaman pemasaran yang dilakukan perusahaan, namun masih belum menggunaan metode ilmiah dengan menggunakan perhitungan matematik. Penetapan strategi pemasaran pada perusahaan ini termasuk pemasalahan Multi-Criteria Decision Making (MCDM) karena terdapat banyak kriteria yang dapat mempengaruhi penetapan strategi pemasaran perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode SWOT yang digunakan untuk membuat alternatif strategi. metode ANP (Analytic Network Process) yang bertujuan untuk membuat model hirarki antar kriteria dan subkriteria serta mendapatkan bobot kepentingan setiap subkriteria yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan. Metode fuzzy TOPSIS (Technique for Order Performance by Similarity to Ideal Solution) bertujuan untuk pemilihan alternatif terbaik yang tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif, namun juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif. Berdasarkan hasil dari pengolahan data dengan menggunakan metode SWOT didapatkan empat alternatif strategi pemasaran yang direkomendasikan untuk dipilih. Kemudian dengan metode ANP didapatkan bobot kepentingan setiap subkriteria yang merupakan inputan untuk metode fuzzy TOPSIS. Empat alternatif strategi pemasaran yang telah didapatkan dari metode SWOT dan bobot kepentingan setiap subkriteria dari metode ANP kemudian diolah dengan menggunakan metode fuzzy TOPSIS untuk memilih strategi pemasaran terbaik bagi perusahaan. Berdasarkan hasil pengolahan dengan metode fuzzy TOPSIS, dari keempat alternatif strategi pemasaran maka alternatif strategi pemasaran kedua yaitu membangun brand image perusahaan dengan melakukan kegiatan promosi produk secara online dan jejaring social, promosi produk pada pelanggan dua bulan sebelum musin kenaikan kelas serta mendukung program pemerintah dan penyediaan pusat pelayanan pelanggan melalui nomor bebas pulsa, menempati ranking pertama. Sehingga strategi pemasaran kedua paling direkomendasikan untuk diterapkan bagi strategi pemasaran produk seragam sekolah perusahaan.