Analisis Penyerapan Energi Dan Deformasi Crash Box Dengan Variasi Diameter dan Panjang Pada Uji Dropped Weight Impact
Main Author: | Talib, NajmiYahya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/141828/1/ANALISIS_PENYERAPAN_ENERGI_DAN_DEFORMASI_CRASH_BOX_DENGAN_VARIASI_DIAMETER_DAN_PANJANG_PADA_UJI_DROPPED_WEIGHT_IMPACT.pdf http://repository.ub.ac.id/141828/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi di bidang otomotif menuntut sistem keamanan yang lebih baik pada kendaraan. Seiring dengan pesatnya perkembangan proses manufaktur menghasilkan material dengan kualitas yang lebih baik namun dengan biaya perbaikan kerusakan yang semakin tinggi. Oleh karena itu dimulailah penelitian mengenai struktur tambahan pada kendaraan untuk meminimalisasi kerusakan akibat kecelakaan yaitu crash box sebagai penyerap energi.. Pada penelitian ini dilakukan proses simulasi dengan bantuan software elemen hingga ANSYS Workbench 13 dengan tipe pengujian dropped weight impact, variasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah variasi diameter dan panjang dengan rentang 50.53mm ≤ D ≤ 111.7mm dan 100 mm ≤ L ≤ 225 mm, material yang digunakan adalah AISI 1340 Steel, annealed at 910°C. Dari penelitian ini diperoleh crash box yang memiliki penyerapan energi, efisiensi perindahan, efisiensi gaya tabrak, dan deformasi yang baik adalah crash box dengan ukuran (D) dan (L) masing-masing 97.34 mm dan 115 mm dengan penyerapan energi sebesar 6177 J, efisiensi perpindahan sebesar 76%, efisiensi gaya tabrak sebesar 55%, dan mode deformasi memiliki pola Concertina.