Pengaruh Variasi Jumlah Lubang Convergent Turbulator Pada Intake Manifold Terhadap Kinerja Motor Bensin Berbahan Bakar Biogas

Main Author: Setyawan,NurDwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/141719/1/Cover_dan_Lemper.pdf
http://repository.ub.ac.id/141719/2/DAFTAR_ISI.pdf
http://repository.ub.ac.id/141719/3/BAB_I.pdf
http://repository.ub.ac.id/141719/4/BAB_II.pdf
http://repository.ub.ac.id/141719/5/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://repository.ub.ac.id/141719/
ctrlnum 141719
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/141719/</relation><title>Pengaruh Variasi Jumlah Lubang Convergent Turbulator Pada Intake Manifold Terhadap Kinerja Motor Bensin Berbahan Bakar Biogas</title><creator>Setyawan,NurDwi</creator><subject>621 Applied physics</subject><description>Ketersediaan bahan bakar fosil di alam semakin menipis dari tahun ke tahun, khususnya bahan bakar bensin. Pemanfaatan biogas sebagai bahan bakar pada kendaraan bermotor khususnya motor bensin, merupakan alternatif yang ideal untuk mengurangi tekanan permintaan bahan bakar fosil dan penghematan penggunaan cadangan devisa. Motor bensin lebih banyak digunakan karena dikenal sebagai mesin yang responsif, dimana karakter torsi, daya dan kemampuan berputarnya tinggi. Unjuk kerja motor bensin ditentukan oleh peran aktif dari kesempurnaan proses pembakaran, karena kesempurnaan proses pembakaran akan mengurangi emisi gas buang yang dihasilkan motor bensin. Maka digunakanlah motor bensin berbahan bakar biogas dan upaya untuk mengurangi emisi gas buang dilakukan penambahan alat berupa c onvergent turbulator. &#xD; &#xD; Pada penelitian ini menggunakan metode dengan memasang alat tambahan berupa c onvergent turbulator yang dipasang antara mixer dan intake manifold dari kendaraan bermotor karisma 125 cc . Kemudian bahan bakar berupa biogas dialirkan melalui pipa kapiler yang selanjutnya dimasukkan ke ruang bakar melalui mixer. Pengambilan data dilakukan untuk masing-masing variable, dengan variabel bebas yang pertama adalah jumlah lubang Convergent turbulator berjumlah 6, 7, dan 8. Dan variable bebas kedua yaitu putaran mesin sebesar 5500, 5700, 5900, 6100, 6300, dan 6500. Untuk mengontrol pengambilan data maka dibuat variable control yaitu sudut pengapian diatur sebesar 39&#x2DA;, sudut c onvergent turbulator 20&#x2DA; dan bukaan throttle 100%. Variable terikatnya yaitu torsi, daya efektif, konsumsi bahan bakar spesifik efektif, efisiensi termal efektif dan emisi gas buang. &#xD; &#xD; Didapatkan bahwa semakin banyak jumlah lubang pada convergent turbulator, maka kinerja dari motor bakar akan semakin meningkat dan emisi gas buang semakin menurun. Hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya jumlah lubang pada convergent turbulator akan menyebabkan meningkatnya intensitas turbulensi meningkat, sehingga campuran antar bahan bakar dan udara semakin homogen yang mengakibatkan pembakaran sempurna pada ruang bakar.</description><date>2012-02-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/141719/1/Cover_dan_Lemper.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/141719/2/DAFTAR_ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/141719/3/BAB_I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/141719/4/BAB_II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/141719/5/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Setyawan,NurDwi (2012) Pengaruh Variasi Jumlah Lubang Convergent Turbulator Pada Intake Manifold Terhadap Kinerja Motor Bensin Berbahan Bakar Biogas. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FT/2012/57/051200920</relation><recordID>141719</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Setyawan,NurDwi
title Pengaruh Variasi Jumlah Lubang Convergent Turbulator Pada Intake Manifold Terhadap Kinerja Motor Bensin Berbahan Bakar Biogas
publishDate 2012
topic 621 Applied physics
url http://repository.ub.ac.id/141719/1/Cover_dan_Lemper.pdf
http://repository.ub.ac.id/141719/2/DAFTAR_ISI.pdf
http://repository.ub.ac.id/141719/3/BAB_I.pdf
http://repository.ub.ac.id/141719/4/BAB_II.pdf
http://repository.ub.ac.id/141719/5/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://repository.ub.ac.id/141719/
contents Ketersediaan bahan bakar fosil di alam semakin menipis dari tahun ke tahun, khususnya bahan bakar bensin. Pemanfaatan biogas sebagai bahan bakar pada kendaraan bermotor khususnya motor bensin, merupakan alternatif yang ideal untuk mengurangi tekanan permintaan bahan bakar fosil dan penghematan penggunaan cadangan devisa. Motor bensin lebih banyak digunakan karena dikenal sebagai mesin yang responsif, dimana karakter torsi, daya dan kemampuan berputarnya tinggi. Unjuk kerja motor bensin ditentukan oleh peran aktif dari kesempurnaan proses pembakaran, karena kesempurnaan proses pembakaran akan mengurangi emisi gas buang yang dihasilkan motor bensin. Maka digunakanlah motor bensin berbahan bakar biogas dan upaya untuk mengurangi emisi gas buang dilakukan penambahan alat berupa c onvergent turbulator. Pada penelitian ini menggunakan metode dengan memasang alat tambahan berupa c onvergent turbulator yang dipasang antara mixer dan intake manifold dari kendaraan bermotor karisma 125 cc . Kemudian bahan bakar berupa biogas dialirkan melalui pipa kapiler yang selanjutnya dimasukkan ke ruang bakar melalui mixer. Pengambilan data dilakukan untuk masing-masing variable, dengan variabel bebas yang pertama adalah jumlah lubang Convergent turbulator berjumlah 6, 7, dan 8. Dan variable bebas kedua yaitu putaran mesin sebesar 5500, 5700, 5900, 6100, 6300, dan 6500. Untuk mengontrol pengambilan data maka dibuat variable control yaitu sudut pengapian diatur sebesar 39 ̊, sudut c onvergent turbulator 20 ̊ dan bukaan throttle 100%. Variable terikatnya yaitu torsi, daya efektif, konsumsi bahan bakar spesifik efektif, efisiensi termal efektif dan emisi gas buang. Didapatkan bahwa semakin banyak jumlah lubang pada convergent turbulator, maka kinerja dari motor bakar akan semakin meningkat dan emisi gas buang semakin menurun. Hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya jumlah lubang pada convergent turbulator akan menyebabkan meningkatnya intensitas turbulensi meningkat, sehingga campuran antar bahan bakar dan udara semakin homogen yang mengakibatkan pembakaran sempurna pada ruang bakar.
id IOS4666.141719
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:44:34Z
last_indexed 2021-10-28T07:30:01Z
recordtype dc
_version_ 1751454825950740480
score 17.538404