Perancangan E-Commerce Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Cenderamata CERAMIC’s dengan Menggunakan Joomla (Studi Kasus pada Cenderamata Ceramic’s UKM Keramik Dinoyo)
Daftar Isi:
- Cara pemasaran adalah salah satu hal penting yang dapat mengangkat atau menjatuhkan suatu usaha. Dengan adanya perkembangan IT (Information Technology) saat ini, persaingan bisnis semakin kuat. Hal ini membuat para pelaku usaha berlomba-lomba untuk memanjakan konsumen dengan kemudahan-kemudahan dan keunggulan produk masing-masing. Usaha Kecil Menengah adalah salah satu pelaku bisnis yang merupakan kekuatan pendorong ekonomi nasional dan mampu bertahan dari serangan krisis ekonomi global. Usaha Kecil Menengah ini cukup fleksibel, sehingga dapat dengan mudah mengikuti pasang surut dan arah permintaan pasar. Cenderamata Ceramic’s termasuk usaha kecil menengah bidang keramik. Sistem pemasaran yang ada masih manual/ berupa kertas. Di tengah persaingan yang ada, sistem pemasaran seperti ini (manual) sangat tidak efektif dalam hal waktu dan tidak efisien dalam hal biaya. E-commerce merupakan jawaban atas masalah pemasaran yang ada. E-commerce adalah aplikasi dari sistem pemasaran dengan memanfaatkan IT, sehingga dapat memudahkan konsumen dan pemilik toko. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian serta perancangan sebuah website e-commerce untuk meningkatkan pemasaran cenderamata CERAMIC’s. Analisa dan perancangan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan 5 tahap yaitu planning, analyze, design (conceptual design dan physical design), implementation, dan testing. Planning dilakukan untuk mempersiapkan apa saja yang harus diperhatikan dalam pembuatan website, antara lain scalibility, visual design, comprehensive, interactivity, change management. Tahapan berikutnya adalah analyze yang berisi analisis kelemahan sistem lama dan analisis kebutuhan sistem yang mencakup kebutuhan fungsional dan nonfungsional. Kemudian pada tahap design dibagi menjadi dua yaitu conceptual design yang meliputi desain database logis yang berisi pembuatan ERD, DFD level 0 dan DFD level 1, serta desain hierarki menu, kemudian physical design yang meliputi pembuatan database fisik dan pembuatan user interface. Tahap berikutnya adalah implementation yang berisi implementasi database pada Mysql dan implementasi user interface pada Joomla. Tahap yang terakhir adalah testing dimana testing ini berisi uji verifikasi, uji validasi, dan uji prototype. Berdasarkan hasil dari analisa dan perancangan sistem didapatkan bahwa sistem database cenderamata CERAMIC’s berisi tiga tabel utama yaitu tabel order, tabel customer, dan tabel product. Aplikasi e-commerce dengan CMS Joomla ini berisi tiga proses bisnis yaitu update produk, registrasi customer, serta pelayanan order secara online. Hal inilah yang membuat area pemasaran menjadi luas. Sistem database dan aplikasi e-commerce memberikan kemudahan transaksi yang lebih baik, karena semua proses bisnis terkait dengan pelayanan order telah terotomasi dan semua datanya terdokumentasi dengan baik dalam sistem database.