Perancangan Aplikasi Grafis untuk Menampilkan Motif Pakaian dengan proyeksi visual 3D Menggunakan DirectX

Main Author: Luqman, Irhamni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/141568/1/MAKALAH_SKRIPSI_IRHAMNI.pdf
http://repository.ub.ac.id/141568/
ctrlnum 141568
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/141568/</relation><title>Perancangan Aplikasi Grafis untuk Menampilkan Motif Pakaian dengan proyeksi visual 3D Menggunakan DirectX</title><creator>Luqman, Irhamni</creator><subject>621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting</subject><description>Semakin maraknya distribution outlet atau umum dikenal dengan istilah distro menuntut adanya simulasi pemetaan sketsa motif 2D pada objek pakaian 3D untuk menekan biaya produksi. Sketsa motif 2D terkesan minim realistis dibandingkan dengan ilusi perspektif dari hasil proyeksi 3D sehingga dibutuhkan adanya sebuah software yang atraktif, interaktif, dan terutama simpel sebagai bagian dari solusi simulasi. DirectX merupakan API berbasis COM yang mengenkapsulasi fungsifungsi penanganan spesifik terhadap operasi aras rendah perangkat keras multimedia. Dengan adanya kemudahan implementasi akses terhadap kartu grafis maka DirectX dirasa tepat dalam melakukan pemrograman grafis yang berorientasi pada 3D. Pada tugas akhir ini, perangkat lunak aplikasi grafis dibuat menggunakan Bahasa C++ dengan implementasi objek-objek COM DirectX sebagai antarmuka antara program aplikasi Win32 dengan perangkat keras grafis dan input. Proses yang dilakukan untuk memproyeksikan objek 3D adalah dengan menggunakan konkatenasi matriks pada tahapan-tahapan transformasi dengan menggunakan matriks ruang, matriks pandang, dan matriks proyeksi perspektif. Metode pengalamatan yang digunakan untuk mendistribusikan alamat gambar tekstur adalah dengan cara planar, spheris, dan silindris. Berdasarkan pengujian dan analisis sistem, perangkat lunak berhasil memproyeksikan objek 3D secara perspektif menggunakan perkalian matriks meskipun masih ada anomali karena tidak memperhitungkan nilai z sebagai faktor pengali. Kesesuaian gambar asli tekstur berhasil dipetakan dan dimanipulasi pada objek pakaian 3D yang memiliki bidang datar dan bidang lengkung dengan menggunakan metode pengalamatan planar, spheris, atau silindris.A</description><date>2012-08-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/141568/1/MAKALAH_SKRIPSI_IRHAMNI.pdf</identifier><identifier> Luqman, Irhamni (2012) Perancangan Aplikasi Grafis untuk Menampilkan Motif Pakaian dengan proyeksi visual 3D Menggunakan DirectX. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FT/2012/415/051202840</relation><recordID>141568</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Luqman, Irhamni
title Perancangan Aplikasi Grafis untuk Menampilkan Motif Pakaian dengan proyeksi visual 3D Menggunakan DirectX
publishDate 2012
topic 621.3 Electrical
magnetic
optical
communications
computer engineering; electronics
lighting
url http://repository.ub.ac.id/141568/1/MAKALAH_SKRIPSI_IRHAMNI.pdf
http://repository.ub.ac.id/141568/
contents Semakin maraknya distribution outlet atau umum dikenal dengan istilah distro menuntut adanya simulasi pemetaan sketsa motif 2D pada objek pakaian 3D untuk menekan biaya produksi. Sketsa motif 2D terkesan minim realistis dibandingkan dengan ilusi perspektif dari hasil proyeksi 3D sehingga dibutuhkan adanya sebuah software yang atraktif, interaktif, dan terutama simpel sebagai bagian dari solusi simulasi. DirectX merupakan API berbasis COM yang mengenkapsulasi fungsifungsi penanganan spesifik terhadap operasi aras rendah perangkat keras multimedia. Dengan adanya kemudahan implementasi akses terhadap kartu grafis maka DirectX dirasa tepat dalam melakukan pemrograman grafis yang berorientasi pada 3D. Pada tugas akhir ini, perangkat lunak aplikasi grafis dibuat menggunakan Bahasa C++ dengan implementasi objek-objek COM DirectX sebagai antarmuka antara program aplikasi Win32 dengan perangkat keras grafis dan input. Proses yang dilakukan untuk memproyeksikan objek 3D adalah dengan menggunakan konkatenasi matriks pada tahapan-tahapan transformasi dengan menggunakan matriks ruang, matriks pandang, dan matriks proyeksi perspektif. Metode pengalamatan yang digunakan untuk mendistribusikan alamat gambar tekstur adalah dengan cara planar, spheris, dan silindris. Berdasarkan pengujian dan analisis sistem, perangkat lunak berhasil memproyeksikan objek 3D secara perspektif menggunakan perkalian matriks meskipun masih ada anomali karena tidak memperhitungkan nilai z sebagai faktor pengali. Kesesuaian gambar asli tekstur berhasil dipetakan dan dimanipulasi pada objek pakaian 3D yang memiliki bidang datar dan bidang lengkung dengan menggunakan metode pengalamatan planar, spheris, atau silindris.A
id IOS4666.141568
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:44:24Z
last_indexed 2021-10-28T07:29:51Z
recordtype dc
_version_ 1751454827072716800
score 17.538404