Analisis Dampak Lalu Lintas Pada Bangunan Block Office Kecamatan Kepanjen

Main Author: Abdullah, Ali
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/141507/
ctrlnum 141507
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/141507/</relation><title>Analisis Dampak Lalu Lintas Pada Bangunan Block Office Kecamatan Kepanjen</title><creator>Abdullah, Ali</creator><subject>624 Civil engineering</subject><description> Pemindahan Ibukota Kabupaten Malang ke Kepanjen sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2008 akan memberikan pengaruh di berbagai sektor yang nantinya akan meningkatkan volume lalu lintas di kecamatan Kepanjen.Terutama dengan Pembangunan Block Office yang secara langsung akan berdampak terhadap bertambahnya volume lalu lintas. Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Malang harus mencari solusi untuk mengantisipasi permasalahan lalu lintas yang akan datang. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi lalu lintas eksisting di ruas dan simpang yang menuju Block Office, memprediksikan volume lalu lintas setelah pembangunan Block Office,memprediksikan Volume lalu lintas 5 tahun setelah Block Office digunakan, serta memberikan solusi penanganan yang harus dilakukan untuk perbaikan kinerja lalu lintas. Metode yang digunakan untuk menganalisis kondisi lalu lintas eksisting, dengan melakukan survei inventarisasi jalan, dan Traffic accounting. Untuk memprediksikan volume lalu lintas yang akan membebani jalan pasca pembangunan Block Office dihitung dengan formula Vol = V1 + V2 + V3,dengan V1 = Volume lalu lintas dari jalan eksisting yang terjadi di area sepanjang jalan menuju Block Office; V2 = Volume lalu lintas akibat bangkitan dari kawasan sekitar Block Office; V3 = Volume lalu lintas akibat tarikan dengan adanya Block Office, sementara untuk memprediksikan volume lalu lintas dalam 5 tahun ke depan digunakan formula Vol (yad) = Vol (saat ini) x Faktor Pertumbuhan, dimana Untuk menentukan % pertumbuhan,dipakai pertimbangan faktor pertumbuhan kendaraan di kecamatan Kepanjen dan faktor pertumbuhan ekonomi (PDRB) kecamatan Kepanjen.Yaitu dengan mengambil nilai rata-rata dari kedua faktor tersebut diatas. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa VCR di ruas dan simpang jalan eksisting sebagai berikut : Jln. Sultan Agung = 0,58 (ITP = C) Jln. Panji = 0,49 (ITP = C) Jln. Trunojoyo = 0,71 (ITP = C) Simpang Sultan Agung - Panji - Panarukan = Tundaan 8,48s (ITP = B) Simpang Panji - Trunojoyo &#x2013; Krapyak = Tundaan 25,34s (ITP = D). Sementara itu untuk nilai VCR setelah pembangunan Block Office sebagai berikut : Jln. Sultan Agung = 0,65 (ITP = C) Jln. Panji = 0,59 (ITP = C) Jln. Trunojoyo = 0,90 (ITP = E) Simpang Sultan Agung - Panji - Panarukan = Tundaan 27,89s (ITP = D) Simpang Panji - Trunojoyo &#x2013; Krapyak = tundaan 10,82s (ITP = B) dan untuk 5 tahun yang akan datang ( Tahun 2017) sebagai berikut : Jln. Sultan Agung = 0.75 (ITP = D) Jln. Panji = 0,64 (ITP = C) Jln. Trunojoyo = 0,92 (ITP = E) Simpang Sultan Agung - Panji - Panarukan = tundaan 86,97s (ITP = F) Simpang Panji - Trunojoyo &#x2013; Krapyak = 9,65 (ITP=B). Dari hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa sebelum Block Office dipergunakan secara penuh maka perlu adanya perbaikan kinerja lalu lintas. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas dimasa yang akan datang. </description><date>2012-08-13</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Abdullah, Ali (2012) Analisis Dampak Lalu Lintas Pada Bangunan Block Office Kecamatan Kepanjen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FT/2012/353/051202787</relation><recordID>141507</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Abdullah, Ali
title Analisis Dampak Lalu Lintas Pada Bangunan Block Office Kecamatan Kepanjen
publishDate 2012
topic 624 Civil engineering
url http://repository.ub.ac.id/141507/
contents Pemindahan Ibukota Kabupaten Malang ke Kepanjen sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2008 akan memberikan pengaruh di berbagai sektor yang nantinya akan meningkatkan volume lalu lintas di kecamatan Kepanjen.Terutama dengan Pembangunan Block Office yang secara langsung akan berdampak terhadap bertambahnya volume lalu lintas. Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Malang harus mencari solusi untuk mengantisipasi permasalahan lalu lintas yang akan datang. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi lalu lintas eksisting di ruas dan simpang yang menuju Block Office, memprediksikan volume lalu lintas setelah pembangunan Block Office,memprediksikan Volume lalu lintas 5 tahun setelah Block Office digunakan, serta memberikan solusi penanganan yang harus dilakukan untuk perbaikan kinerja lalu lintas. Metode yang digunakan untuk menganalisis kondisi lalu lintas eksisting, dengan melakukan survei inventarisasi jalan, dan Traffic accounting. Untuk memprediksikan volume lalu lintas yang akan membebani jalan pasca pembangunan Block Office dihitung dengan formula Vol = V1 + V2 + V3,dengan V1 = Volume lalu lintas dari jalan eksisting yang terjadi di area sepanjang jalan menuju Block Office; V2 = Volume lalu lintas akibat bangkitan dari kawasan sekitar Block Office; V3 = Volume lalu lintas akibat tarikan dengan adanya Block Office, sementara untuk memprediksikan volume lalu lintas dalam 5 tahun ke depan digunakan formula Vol (yad) = Vol (saat ini) x Faktor Pertumbuhan, dimana Untuk menentukan % pertumbuhan,dipakai pertimbangan faktor pertumbuhan kendaraan di kecamatan Kepanjen dan faktor pertumbuhan ekonomi (PDRB) kecamatan Kepanjen.Yaitu dengan mengambil nilai rata-rata dari kedua faktor tersebut diatas. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa VCR di ruas dan simpang jalan eksisting sebagai berikut : Jln. Sultan Agung = 0,58 (ITP = C) Jln. Panji = 0,49 (ITP = C) Jln. Trunojoyo = 0,71 (ITP = C) Simpang Sultan Agung - Panji - Panarukan = Tundaan 8,48s (ITP = B) Simpang Panji - Trunojoyo – Krapyak = Tundaan 25,34s (ITP = D). Sementara itu untuk nilai VCR setelah pembangunan Block Office sebagai berikut : Jln. Sultan Agung = 0,65 (ITP = C) Jln. Panji = 0,59 (ITP = C) Jln. Trunojoyo = 0,90 (ITP = E) Simpang Sultan Agung - Panji - Panarukan = Tundaan 27,89s (ITP = D) Simpang Panji - Trunojoyo – Krapyak = tundaan 10,82s (ITP = B) dan untuk 5 tahun yang akan datang ( Tahun 2017) sebagai berikut : Jln. Sultan Agung = 0.75 (ITP = D) Jln. Panji = 0,64 (ITP = C) Jln. Trunojoyo = 0,92 (ITP = E) Simpang Sultan Agung - Panji - Panarukan = tundaan 86,97s (ITP = F) Simpang Panji - Trunojoyo – Krapyak = 9,65 (ITP=B). Dari hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa sebelum Block Office dipergunakan secara penuh maka perlu adanya perbaikan kinerja lalu lintas. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas dimasa yang akan datang.
id IOS4666.141507
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:44:19Z
last_indexed 2021-10-28T07:29:46Z
recordtype dc
_version_ 1751454827319132160
score 17.538404