Pengukuran Kinerja Pelayanan Sektor Publik Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard

Main Author: Sasmita, AdityaWahanaAgung
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/141465/1/Cover.pdf
http://repository.ub.ac.id/141465/2/Bagian_awal_skripsi.pdf
http://repository.ub.ac.id/141465/3/Bagian_utama_dan_akhir_skripsi.pdf
http://repository.ub.ac.id/141465/
Daftar Isi:
  • Pengukuran kinerja merupakan salah satu alat penting bagi setiap perusahaan atau organisasi. Tidak hanya organisasi bisnis saja namun juga organisasi pemerintah dalam pelayanan sektor publik juga dituntut untuk melalukan pengukuran kinerja. Pengukuran kinerja digunakan sebagai dasar untuk membuat perencanaan organisasi dalam upaya mencapai tujuan-tujuan yang ditetapkan di masa yang akan datang dan sebagai alat untuk menilai keberhasilan perusahaan atau organisasi tersebut. Pengukuran kinerja yang selama ini dilakukan di Kantor Bersama SAMSAT Karang Ploso hanya berdasarkan pada salah satu perspektif saja yaitu pada aspek finansial, sedangkan aspek yang lain tidak dijadikan sebagai bahan pertimbangan pengukuran kinerja. Pengukuran kinerja secara finansial tidaklah cukup mencerminkan kinerja organisasi sesungguhnya, sehingga dibutuhkan metode pengukuran kinerja yang komprehensif sebagai tolak ukur pencapaian target yang selaras dengan visi dan misi organisasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Balanced Scorecard yang dapat memberikan pengukuran yang komprehensif dengan mengintegrasikan tujuan finansial dan nonfinansial, sehingga memberikan gambaran yang akurat mengenai performansi suatu organisasi. Pengukuran kinerja dalam penelitian ini juga didukung oleh beberapa metode antara lain pembobotan dengan Analytic Hierachy Process (AHP) untuk mengetahui skala nilai prioritas setiap Key Performance Indicator (KPI), Scoring System dengan metode Objectives Matrix (OMAX) dan Traffic Light System untuk mengetahui nilai indeks total organisasi. Penelitian ini menggunakan empat perspektif dalam pengukuran kinerjanya yaitu financial, costumer, internal business process dan learning and growth . Kantor Bersama (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) SAMSAT Karang Ploso adalah organisasi pelayanan publik milik pemerintah yang kegiatannya memungut PKB dan BBNKB, registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor, dan SWDKLLJ. Hasil pengukuran kinerja dari penelitian ini adalah nilai indeks total sebesar 7,9005, yang masuk dalam kategori kuning, kesimpulan bahwa kinerja Kantor SAMSAT secara keseluruhan belum mencapai performansi yang diharapkan meskipun sudah mendekati target yang ditentukan. Dari 22 KPI yang teridentifikasi ada sebanyak 15 KPI masuk dalam kategori hijau, 4 KPI masuk dalam kategori kuning dan 3 KPI masuk dalam kategori merah.