Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Malcolm Baldrige Criteria For Performance Excellence ( Studi Kasus Di Pt. Malang Intermedia Pers)

Main Author: Rahayu,Hoka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/141378/1/051202146.pdf
http://repository.ub.ac.id/141378/
Daftar Isi:
  • Banyak perusahaan media cetak di Kota Malang yang berkembang dengan keunggulan tersendiri, ada media cetak lokal maupun nasional. Dengan persaingan media cetak itu tentu dibutuhkan peningkatan kualitas terus menerus agar dapat menjadi perusahaan yang selalu unggul. Tidak hanya peningkatan kualitas produk saja yang dibutuhkan, namun perlu adanya peningkatan kualitas di internal perusahaan agar kesejahteraan perusahaan meningkat dan mencerminkan kompetensi serta kemampuan profesional perusahaan. Oleh karena itu, guna meningkatkan internal perusahaan perlu diketahui telebih dahulu bagaimana keadaan perusahaan dengan melakukan pengukuran kinerja. Selama ini di PT. Malang Intermedia Pers masih belum ada pengukuran kinerja perusahaan secara menyeluruh yang meliputi Kepemimpinan; Perencanaan Strategis; Fokus Pasar dan Pelanggan; Pengukuran, Analisa, dan Manajemen Pengetahuan; Fokus pada SDM; Manajemen Proses; dan Outcome dan hanya pengukuran di beberapa divisi saja. Oleh karena itu perlu adanya pengukuran kinerja perusahaan secara menyeluruh guna mengetahui keadaan perusahaan dan perbaikan pada perusahaan sehingga dapat meningkatkan performansi perusahaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence. Langkah awal penelitian dilakukan penyebaran kuesioner berdasarkan tujuh Kriteria Malcolm Baldrige untuk mengetahui keadaan perusahaan dan pencapaian nilai yang didapat PT. Malang Intermedia Pers. Kuisioner diberikan kepada General Manager, Marketing , dan Redaktur. Setelah tahap pengolahan data kuisioner akan dilakukan interpretasi pengukuran kinerja perusahaan. Pada pengukuran tersebut akan diketahui nilai-nilai tiap kriteria Malcolm Baldrige dan total skor keseluruhan , selanjutnya pada tahap ini membahas hasil pengukuran secara detail. Dari ketujuh kriteria tersebut dapat dilihat tingkat presentase pencapaiannya dan empat kriteria terendah akan dianalisis faktor-faktor apa saja yang menjadi akar penyebab masalah. Tujuan dari tahap ini adalah mencari faktor-faktor yang bila diberikan rekomendasi perbaikan akan meningkatkan kinerja perusahaan. Pada tahap analisis ini menggunakan tools Root Cause Analysis (RCA) untuk mengetahui akar-akar penyebab permasalahan. Berdasarkan perhitungan menggunakan metode Malcolm Baldrige pencapaian nilai yang didapat oleh PT. Malang Intermedia Pers sebesar 747,83 dan prosentase pencapaian 75%. Nilai pencapaian tiap kriteria yaitu Kepemimpinan 82%; Fokus Pasar dan Pelanggan 82%; Perencanaan Strategi 80%; Pengelolaan Proses 75%; Outcome 73%; Pengukuran, Analisis, dan Manajemen Pengetahuan 68%; dan Fokus Tenaga Kerja 68%. Rekomendasi perbaikan diberikan pada empat kriteria dengan nilai rendah di PT. Malang Intermedia Pers yaitu Kriteria Pengukuran, Analisa, dan Manajemen Pengetahuan; Fokus Tenaga Kerja; Manajemen Proses; dan Outcome.