Daftar Isi:
  • Kota Lumajang merupakan salah satu daerah yang menjadikan sektor pertanian sebagai penggerak perekonomian setempat. Selama ini keberadaan sentra-sentra industri yang berbasis hasil olahan dari pertanian di kota Lumajang kurang kondusif untuk melakukan promosi dan pemasaran. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah tempat yang mewadahi aktivitas pemasaran hasil usaha masyarakat dalam bidang pengolahan hasil pertanian yang difokuskan pada komoditas unggulan kota Lumajang yaitu pisang agung, baik itu dalam bentuk oleh-oleh siap bawa maupun olahan yang dapat dinikmati secara langsung pada sebuah restoran. Tahap awal perancangan berupa penemuan masalah yang kemudian dianalisa sehingga menghasilkan konsep yang dikembangkan dalam bentuk desain. Analisa yang dilakukan yaitu analisa komparasi, fungsi, aktifitas, kebutuhan ruang, interior ruang utama, tapak, dan analisa bangunan. Oleh karena kota Lumajang mayoritas terdiri dari persawahan, maka tema alami diambil sebagai tema utama untuk menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya. Tema ini diterapkan pada fasade dan juga interior di dalamnya, terutama ruang utama yaitu ruang stan dan ruang makan. Tema interior juga disesuaikan dengan fungsi dan sasaran yang dituju untuk dikembangkan dalam desain interior berdasarkan unsur dan prinsip interior dan diterapkan pada dinding, lantai, plafond, perabot, dan aksesoris. Dalam kajian ini diharapkan dapat memberikan masukan desain mengenai bangunan dengan fungsi yang sama dengan mempertimbangkan faktor-faktor perancangan interior terutama untuk bangunan pusat promosi terkait dengan fungsinya yang merupakan bangunan komersial.