ctrlnum 141162
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/141162/</relation><title>Kinerja Operasional Terminal Kuaro Kabupaten Paser.</title><creator>Trimulyani, Surya</creator><subject>307.121 6 City planning</subject><description>Peranan Terminal Kuaro sangat penting dalam memberikan pelayanan angkutan umum di Kabupaten Paser, terminal ini merupakan satu-satunya terminal di Kabupaten Paser yang menyediakan jasa angkutan menuju Kabupaten Penajam dan Propinsi Kalimantan Selatan, namun masih banyak masalah yang terjadi didalam terminal yang mengakibatkan kurangnya fungsi dan manfaat dari Terminal Kuaro. Tujuan studi ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis kinerja operasional Terminal Kuaro, mengetahui persepsi dan preferensi penumpang dan sopir angkutan umum terhadap pelayanan Terminal serta memberikan rekomendasi bagi pengembangan kinerja operasional Terminal Kuaro. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif untuk mengidentifikasi kinerja operasional Terminal Kuaro, selanjutnya dievaluasi dengan menggunakan analisis evaluatif berdasarkan standar kinerja pelayanan terminal; metode evaluatif dengan analisis multidimensional scaling digunakan untuk menentukan persepsi &amp;amp; preferensi penumpang dan sopir angkutan umum terhadap pelayanan Terminal Kuaro; selanjutnya menggunakan analisis pendukung (analisis kebutuhan ruang serta analisis Activity Relationship Chart dan Activity Relationship Diagram ) guna mendapatkan arahan yang sesuai. Dari hasil analisis, didapat temuan studi kinerja operasional terminal Kuaro belum sesuai dengan standar terminal tipe B, terlihat dari kurangnya jumlah armada yang masuk terminal yaitu hanya 9 armada dalam setiap jamnya, lamanya waktu tunggu angkutan umum yaitu 14-20 menit, sirkulasi yang tidak teratur didalam terminal serta kurangnya kelengkapan fasilitas terminal, dimana fasilitas utama yang belum terpenuhi yaitu menara pengawas, loket penjualan karcis, rambu-rambu dan papan informasi, serta jalur pemberangkatan dan kedatangan kendaraan umum masih menjadi satu. Berdasarkan hasil kompilasi analisis persepsi antara responden penumpang dengan sopir angkutan umum didapat bahwa pelataran parkir kendaraan pengantar, tempat parkir kendaraan umum dan kantor terminal merupakan fasilitas yang paling baik kualitas pelayanannya. Sedangkan hasil analisis preferensi penumpang, didapat bahwa pelataran parkir kendaraan pengantar dan / atau taksi, tempat parkir kendaraan umum, tempat tunggu penumpang dan / atau pengantar, jalur sirkulasi penumpang, jalur sirkulasi kendaraan umum dan kantor terminal adalah fasilitas terminal yang menjadi fasilitas prioritas responden penumpang serta hasil analisis preferensi sopir angkutan umum, didapat bahwa fasilitas terminal yang menjadi fasilitas prioritas responden sopir angkutan umum adalah tempat parkir kendaraan umum, jalur sirkulasi kendaraan umum dan pelataran parkir kendaraan pengantar dan / atau taksi. Berdasar hubungan analisis didapat rekomendasi pengembangan Terminal yaitu mempertahankan Terminal Kuaro sebagai terminal tipe B sedangkan untuk pelayanan AKAP diarahkan pada program pengembangan sarana prasarana transportasi berdasarkan kebijakan Tataran Transportasi Lokal Kabupaten Paser dengan pembangunan 3 terminal baru, melakukan perluasan lahan sesuai kebutuhan sebesar 0,5 Ha, mengatur tata letak fasilitas-fasilitas agar dapat berfungsi secara efektif, peningkatan pelayanan prioritas menurut persepsi &amp;amp; preferensi yaitu pelataran parkir kendaraan pengantar, tempat parkir kendaraan umum, tempat tunggu penumpang, jalur sirkulasi penumpang, jalur sirkulasi kendaraan umum dan kantor terminal serta pengembangan kinerja terminal secara keseluruhan sehingga terminal Kuaro dapat memberikan pelayanan yang optimal.</description><date>2011-12-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/141162/1/BAB_I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/141162/2/BAB_III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/141162/3/BAB_II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/141162/4/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/141162/5/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/141162/6/LEMBAR_PENGESAHN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/141162/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/141162/8/Bab_V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/141162/9/DAFTAR_ISI_.pdf</identifier><identifier> Trimulyani, Surya (2011) Kinerja Operasional Terminal Kuaro Kabupaten Paser. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FT/2011/663/051200524</relation><recordID>141162</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Trimulyani, Surya
title Kinerja Operasional Terminal Kuaro Kabupaten Paser
publishDate 2011
topic 307.121 6 City planning
url http://repository.ub.ac.id/141162/1/BAB_I.pdf
http://repository.ub.ac.id/141162/2/BAB_III.pdf
http://repository.ub.ac.id/141162/3/BAB_II.pdf
http://repository.ub.ac.id/141162/4/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://repository.ub.ac.id/141162/5/LAMPIRAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/141162/6/LEMBAR_PENGESAHN.pdf
http://repository.ub.ac.id/141162/7/BAB_IV.pdf
http://repository.ub.ac.id/141162/8/Bab_V.pdf
http://repository.ub.ac.id/141162/9/DAFTAR_ISI_.pdf
http://repository.ub.ac.id/141162/
contents Peranan Terminal Kuaro sangat penting dalam memberikan pelayanan angkutan umum di Kabupaten Paser, terminal ini merupakan satu-satunya terminal di Kabupaten Paser yang menyediakan jasa angkutan menuju Kabupaten Penajam dan Propinsi Kalimantan Selatan, namun masih banyak masalah yang terjadi didalam terminal yang mengakibatkan kurangnya fungsi dan manfaat dari Terminal Kuaro. Tujuan studi ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis kinerja operasional Terminal Kuaro, mengetahui persepsi dan preferensi penumpang dan sopir angkutan umum terhadap pelayanan Terminal serta memberikan rekomendasi bagi pengembangan kinerja operasional Terminal Kuaro. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif untuk mengidentifikasi kinerja operasional Terminal Kuaro, selanjutnya dievaluasi dengan menggunakan analisis evaluatif berdasarkan standar kinerja pelayanan terminal; metode evaluatif dengan analisis multidimensional scaling digunakan untuk menentukan persepsi &amp; preferensi penumpang dan sopir angkutan umum terhadap pelayanan Terminal Kuaro; selanjutnya menggunakan analisis pendukung (analisis kebutuhan ruang serta analisis Activity Relationship Chart dan Activity Relationship Diagram ) guna mendapatkan arahan yang sesuai. Dari hasil analisis, didapat temuan studi kinerja operasional terminal Kuaro belum sesuai dengan standar terminal tipe B, terlihat dari kurangnya jumlah armada yang masuk terminal yaitu hanya 9 armada dalam setiap jamnya, lamanya waktu tunggu angkutan umum yaitu 14-20 menit, sirkulasi yang tidak teratur didalam terminal serta kurangnya kelengkapan fasilitas terminal, dimana fasilitas utama yang belum terpenuhi yaitu menara pengawas, loket penjualan karcis, rambu-rambu dan papan informasi, serta jalur pemberangkatan dan kedatangan kendaraan umum masih menjadi satu. Berdasarkan hasil kompilasi analisis persepsi antara responden penumpang dengan sopir angkutan umum didapat bahwa pelataran parkir kendaraan pengantar, tempat parkir kendaraan umum dan kantor terminal merupakan fasilitas yang paling baik kualitas pelayanannya. Sedangkan hasil analisis preferensi penumpang, didapat bahwa pelataran parkir kendaraan pengantar dan / atau taksi, tempat parkir kendaraan umum, tempat tunggu penumpang dan / atau pengantar, jalur sirkulasi penumpang, jalur sirkulasi kendaraan umum dan kantor terminal adalah fasilitas terminal yang menjadi fasilitas prioritas responden penumpang serta hasil analisis preferensi sopir angkutan umum, didapat bahwa fasilitas terminal yang menjadi fasilitas prioritas responden sopir angkutan umum adalah tempat parkir kendaraan umum, jalur sirkulasi kendaraan umum dan pelataran parkir kendaraan pengantar dan / atau taksi. Berdasar hubungan analisis didapat rekomendasi pengembangan Terminal yaitu mempertahankan Terminal Kuaro sebagai terminal tipe B sedangkan untuk pelayanan AKAP diarahkan pada program pengembangan sarana prasarana transportasi berdasarkan kebijakan Tataran Transportasi Lokal Kabupaten Paser dengan pembangunan 3 terminal baru, melakukan perluasan lahan sesuai kebutuhan sebesar 0,5 Ha, mengatur tata letak fasilitas-fasilitas agar dapat berfungsi secara efektif, peningkatan pelayanan prioritas menurut persepsi &amp; preferensi yaitu pelataran parkir kendaraan pengantar, tempat parkir kendaraan umum, tempat tunggu penumpang, jalur sirkulasi penumpang, jalur sirkulasi kendaraan umum dan kantor terminal serta pengembangan kinerja terminal secara keseluruhan sehingga terminal Kuaro dapat memberikan pelayanan yang optimal.
id IOS4666.141162
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:44:04Z
last_indexed 2021-10-28T07:29:32Z
recordtype dc
_version_ 1751454829421527040
score 17.538404