Komputasi Terdistribusi pada Rendering Farm Animasi Tiga Dimensi

Main Author: Widdyanto, YuliusCandra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/140919/
Daftar Isi:
  • Rendering merupakan salah satu tahap dalam proses pembuatan gambar, video atau animasi yaitu menghasilkan gambar , video atau animasi dari model yang telah dirancang. Pada saat proses rendering berlangsung, dibutuhkan alokasi RAM dan prosesor yang besar serta resource yang besar. Pada umumnya proses rendering yang dilakukan oleh satu komputer hal ini disebabkan karena hardware dan software serta tingkat kerumitan perancangan dari sebuah model. Oleh karena itu dibutuhkan metode untuk mempercepat proses rendering . Rendering farm merupakan komputasi terdistribusi yang dibangun untuk tujuan melakukan proses rendering. Dengan menggunakan rendering farm proses rendering akan lebih cepat. Dalam penelitan ini dibangun aplikasi rendering fam dengan terdiri dari aplikasi master dan aplikasi slave . Pengujian dilakukan dengan membandingkan waktu rendering satu komputer dengan banyak komputer. Pengujian dilakukan dengan tiga file model dengan tingkat kerumitan yang berbeda dan tiap pengujian dilakukan tiga kali untuk mengetahui keandalan sistem. Dari hasil pengujian didapatkan waktu rendering dengan menggunakan satu komputer lebih lama daripada dengan menggunakan banyak komputer. Semakin banyak komputer untuk melakukan proses rendering semakin singkat waktu yang dibutuhkan. Dari tiga kali pengujian tiap model didapatkan bahwa setiap pengujian memiliki waktu rendering yang relatif sama.