Aplikasi K-Means Clustering Untuk Pengelompokkan Siswa ke dalam Kelas Berdasarkan Nilai Akademis, Jenis Kelamin, Perilaku dan Nama Siswa di SMA Negeri 1 Srengat

Main Author: Asriningtias, SalnanRatih
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/140918/
Daftar Isi:
  • SMA Negeri 1 Srengat memiliki kurang lebih tiga ratus siswa dan akan dikelompokkan ke dalam delapan kelas yang telah tersedia untuk masing-masing tingkatan. Proses pengelompokkan siswa ke dalam kelas harus memperhatikan prosedur pengelompokkan untuk memperoleh hasil belajar yang optimal. Prosedur pengelompokkan tersebut diantaranya masing-masing kelas harus terdiri dari siswa yang berprestasi rendah hingga berprestasi tinggi, pembagian jumlah jenis kelamin baik laki-laki maupun perempuan yang merata untuk seluruh kelas, pembagian merata abjad nama siswa dari huruf a-z, meminimalkan kemiripan nama siswa dalam satu kelas dan pembagian yang merata untuk nilai perilaku siswa. Berdasarkan prosedur pengelompokkan, kriteria pengelompokkan yang terbentuk diantaranya nama siswa, jenis kelamin siswa, nilai akademis siswa dan nilai perilaku siswa. Kriteria-kriteria tersebut dapat ditambah ataupun dikurangi. Untuk membantu proses pengelompokkan siswa ke dalam kelas, maka perlu dibangun sebuah aplikasi pengelompokkan siswa dengan metode K-Means Clustering sebagai penghitung nilai klaster berdasarkan jarak nilai data siswa dengan nilai pusat klaster. Hasil perhitungan K-Means Clustering yaitu mengelompokkan siswa-siswa yang memiliki kemiripan kriteria ke dalam satu klaster tertentu dan membagi siswa dalam klaster tersebut ke dalam beberapa kelas secara berurutan sesuai urutan kelas. Hasil kahir berupa absen yang sesuai prosedur pengelompokkan.