Pengaruh Variasi Panjang Pile terhadap Perkuatan Lereng pada Pemodelan Fisik Menggunakan Tanah Pasir

Main Author: Hadi, DaraAyuLisna
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/140915/
Daftar Isi:
  • Ketidakstabilan suatu lereng dapat menyebabkan bahaya kelongsoran, untuk mencegah bahaya kelongsoran diperlukan suatu upaya untuk meningkatkan stabilitas lereng tersebut yaitu dengan memasang pile (tiang pancang) pada lereng. Untuk itu dilakukanlah penelitian di laboratorium untuk mengamati perilaku longsoran lereng yang diperkuat pile bertulangan bambu akibat beban menerus dipermukaan lereng. Dari hasil pengujian akan didapatkan rasio daya dukung beban yang diperkuat dengan yang tidak diperkuat pile dan rasio peningkatan angka keamanan akibat adanya perkuatan pile pada daerah longsoran lereng. Variasi pada penelitian ini adalah panjang pile pada lereng. Tujuan utama penelitian ini adalah menetapkan hubungan antara variabel-variabel dari variasi panjang pile terhadap peningkatan daya dukung dan peningkatan angka keamanan lereng akibat perkuatan lereng menggunakan pile, juga untuk mendapatkan model keruntuhan lerengnya. Tujuan sekunder penelitian ini, adalah untuk menetapkan sepanjang apa pile pada lereng sebaiknya ditanam. Penelitian ini dilakukan dengan membuat model lereng dalam sebuah box fiberglass berukuran panjang 1,50 m, lebar 1,0 m dan tinggi box 1,0 m kemudian diberi beban menggunakan dongkrak hidrolik yang diberikan pada permukaan lereng. Tanah yang digunakan adalah tanah pasir yang dipadatkan sehingga mencapai berat isi kering tertentu, penelitian ini juga dilakukan uji kuat geser langsung untuk mengetahui nilai kohesi (c), sudut geser (ф), serta uji kepadatan menggunakan Sand Cone untuk mengetahui berat volume kering tanah (γ d ). Analisis dari bentuk asli ( prototype ) menggunakan pendekatan numerik metode elemen hingga (Finite Element method) dengan menganggap perilaku tanah-tiang sebagai bahan nonlinear elasto-plastic menggunakan program nonlinear elasto-plastic finite element program PLAXIS . Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan angka keamanan terbesar pada lereng tanpa beban luar maupun dengan permberian beban luar didapatkan pada lereng dengan panjang pile maksimum pada lokasi di tengah lereng. Begitu juga dengan gaya lateral yang diterima pile , semakin panjang pile maka gaya lateral yang dapat ditahan juga semakin besar.