Pengaruh Variasi Putaran Poros Kompresor dan Debit Aliran Udara Pendingin Kondensor Terhadap Unjuk Kerja AC Mobil

Main Author: Prasetyo, Sigit
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/140660/
Daftar Isi:
  • Dewasa ini banyak sekali cabang ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengalami perkembangan secara pesat, perkembangan tersebut bertujuan untuk menghasilkan sesuatu yang inovatif dan aplikatif yang berguna untuk kehidupan. Salah satu cabang ilmu yang mengalami perkembangan adalah bidang engineering atau rekayasa yang memiliki beberapa cabang ilmu, diantaranya adalah mesin pendingin dan pengkondisian udara. Contoh nyatanya adalah semakin memasyarakatnya penggunaan mesin pendingin dimasyarakat. Salah satu mesin pendingin yang digunakan secara luas dimasyarakat adalah AC mobil. Para pengguna mobil tentu saja menginginkan kondisi mobil yang dingin, sejuk serta nyaman ketika mereka berada di dalamnya. Untuk itu diperlukan AC mobil yang mampu memberikan performa yang optimal. Performa suatu air conditioner bisa kita ketahui antara lain dari kapasitas pendinginan dan koefisien prestasinya. Dalam usaha untuk memperoleh performa AC mobil yang optimal tersebut, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya putaran kompresor dan debit aliran udara pendingin kondensor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi putaran poros kompresor dan debit aliran udara pendingin kondensor terhadap unjuk kerja AC mobil, yang dilihat dari nilai koefisien prestasinya. Penelitian dilakukan dengan pengamatan langsung melalui eksperimen. Variabel bebas yang digunakan adalah putaran poros kompresor dengan variasi putaran 1700 rpm, 2250 rpm, 2800 rpm, 3350 rpm dan 4500 rpm. Untuk variabel terkontrolnya dipilih debit aliran udara pendingin kondensor dengan variasi debit sebesar 85 dm3/s dan 170 dm3/s. Sedangkan variabel terikat yang diamati adalah nilai koefisien prestasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa putaran kompresor debit aliran udara pendingin kondensor berpengaruh terhadap koefisien prestasi AC mobil. Untuk debit aliran udara yang sama, meningkatnya putaran kompresor akan menyebabkan koefisien prestasi AC mobil menurun. Sedangkan untuk penambahan debit aliran udara pendingin kondensor, dan putaran kompresor yang tetap akan menyebabkan koefisien prestasi AC mobil meningkat. Koefisien prestasi terbesar diperoleh pada kombinasi putaran poros kompresor 1700 rpm dan debit udara sebesar 170 dm3/s yaitu 4,7398. Sedangkan koefisien prestasi terkecil adalah 3,228, yang diperoleh pada kombinasi putaran poros kompresor 4500 rpm dan debit aliran udara sebesar 85 dm3/s.