ctrlnum 140175
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/140175/</relation><title>Audit Keselamatan Jalan (Studi Ruas Jalan Purwodadi-Karanglo (KM 70-KM 81) Kabupaten Malang)</title><creator>OnnyIdianto</creator><subject>624 Civil engineering</subject><description>Ruas jalan Purwodadi-Karanglo merupakan jalan utama yang menghubungkan Malang dengan Surabaya (ibukota propinsi Jawa Timur) serta kota-kota lain yang merupakan daerah pusat perdagangan dan pariwisata, sehingga mengakibatkan ruas jalan Karanglo-Purwodadi menjadi semakin padat dengan resiko kecelakaan yang berbahaya dan tinggi. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik kecelakaan dan lokasi rawan kecelakaan pada ruas tersebut. &#xD; Hasil dari penelitian ini berupa usulan pencegahan dan penanganan dalam mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas. &#xD; Tahapan awal dilakukan analisis karakteristik, dilakukan dengan pendekatan penyebab kecelakaan, waktu kejadian, tipe tabrakan, pengguna jalan yang terlibat, dan kondisi korban kecelakaan. Selanjutnya dilakukan analisis tingkat kecelakaan untuk mengetahui lokasi rawan kecelakaan dengan berdasarkan banyaknya kejadian kecelakaan terhadap volume lalu lintas dan jumlah proporsi kendaraan. Setelah itu akan dianalisis dengan pendekatan EAN yang meninjau dari segi keparahan korban kecelakaan dimana kondisi korban akan diberi pembobotan agar memperoleh peringkat mengenai lokasi kejadian kecelakaan, dari kedua analisis tersebut untuk mengetahui blacksite pada ruas Jalan Ahmad Yani. Analisis selanjutnya adalah evaluasi hasil penerapan checking list dan identifikasi persoalan audit keselamatan yang mengacu pada Pedoman Audit Keselamatan Jalan yang dikeluarkan oleh Departemen Perhubungan tahun 2005. &#xD; Berdasarkan analisis karakteristik diperoleh gambaran bahwa faktor penyebab kecelakaan pada ruas jalan tersebut adalah pengemudi tidak mendahulukan orang yang hendak menyeberang dan pengemudi melewati batas kecepatan. Berdasarkan waktu terjadinya, kecelakan banyak terjadi pada awal aktifitas dan waktu weekend yaitu Hari Selasa, Kamis dan Jumat pada pukul 06.00-11.59. Tipe tabrakan yang dominan terjadi yaitu tabrak samping. Pengendara sepeda motor merupakan pengguna jalan yang sering terlibat dalam kecelakaan, hal ini karena populasinya yang lebih besar dibandingkan pengguna jalan lainnya. Berdasarkan kondisi korban kecelakaan, urutan dari yang tertinggi adalah korban luka ringan, luka berat, dan meninggal dunia. Lokasi yang memiliki tingkat kecelakaan tertinggi yaitu lokasi di KM 75-KM 76 (JL. Raya Ardimulyo Kecamatan Singosari). Beberapa permasalahan yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan di lokasi tersebut, diantaranya adalah konflik dengan penyeberang jalan, kecepatan tinggi, dan kurangnya antisipasi terhadap pergerakan kendaraan disekitarnya.&#xD; Dari hasil analisis EAN, lokasi yang memiliki tingkat kecelakaan tertinggi yaitu segmen 5 (KM 75-KM 76), diurutan kedua berlokasi di segmen 2 (KM 71-KM 72). &#xD; Pada segmen 5 (KM 75-KM 76) memiliki geometrik jalan lurus, datar dengan median, dan lalu lintas yang cukup padat. Pada lokasi tersebut sering terjadi kecelakaan antara</description><date>2009-08-13</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/140175/1/BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/140175/1/BAB_V_PENUTUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/140175/2/KATA_PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/140175/3/DAFTAR_ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/140175/4/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/140175/5/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/140175/6/RINGKASAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/140175/7/BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/140175/8/BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/140175/9/BAB_I_PENDAHULUAN.pdf</identifier><identifier> OnnyIdianto (2009) Audit Keselamatan Jalan (Studi Ruas Jalan Purwodadi-Karanglo (KM 70-KM 81) Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FT/2009/573/050903593</relation><recordID>140175</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author OnnyIdianto
title Audit Keselamatan Jalan (Studi Ruas Jalan Purwodadi-Karanglo (KM 70-KM 81) Kabupaten Malang)
publishDate 2009
topic 624 Civil engineering
url http://repository.ub.ac.id/140175/1/BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/140175/1/BAB_V_PENUTUP.pdf
http://repository.ub.ac.id/140175/2/KATA_PENGANTAR.pdf
http://repository.ub.ac.id/140175/3/DAFTAR_ISI.pdf
http://repository.ub.ac.id/140175/4/COVER.pdf
http://repository.ub.ac.id/140175/5/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://repository.ub.ac.id/140175/6/RINGKASAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/140175/7/BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/140175/8/BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf
http://repository.ub.ac.id/140175/9/BAB_I_PENDAHULUAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/140175/
contents Ruas jalan Purwodadi-Karanglo merupakan jalan utama yang menghubungkan Malang dengan Surabaya (ibukota propinsi Jawa Timur) serta kota-kota lain yang merupakan daerah pusat perdagangan dan pariwisata, sehingga mengakibatkan ruas jalan Karanglo-Purwodadi menjadi semakin padat dengan resiko kecelakaan yang berbahaya dan tinggi. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik kecelakaan dan lokasi rawan kecelakaan pada ruas tersebut. Hasil dari penelitian ini berupa usulan pencegahan dan penanganan dalam mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas. Tahapan awal dilakukan analisis karakteristik, dilakukan dengan pendekatan penyebab kecelakaan, waktu kejadian, tipe tabrakan, pengguna jalan yang terlibat, dan kondisi korban kecelakaan. Selanjutnya dilakukan analisis tingkat kecelakaan untuk mengetahui lokasi rawan kecelakaan dengan berdasarkan banyaknya kejadian kecelakaan terhadap volume lalu lintas dan jumlah proporsi kendaraan. Setelah itu akan dianalisis dengan pendekatan EAN yang meninjau dari segi keparahan korban kecelakaan dimana kondisi korban akan diberi pembobotan agar memperoleh peringkat mengenai lokasi kejadian kecelakaan, dari kedua analisis tersebut untuk mengetahui blacksite pada ruas Jalan Ahmad Yani. Analisis selanjutnya adalah evaluasi hasil penerapan checking list dan identifikasi persoalan audit keselamatan yang mengacu pada Pedoman Audit Keselamatan Jalan yang dikeluarkan oleh Departemen Perhubungan tahun 2005. Berdasarkan analisis karakteristik diperoleh gambaran bahwa faktor penyebab kecelakaan pada ruas jalan tersebut adalah pengemudi tidak mendahulukan orang yang hendak menyeberang dan pengemudi melewati batas kecepatan. Berdasarkan waktu terjadinya, kecelakan banyak terjadi pada awal aktifitas dan waktu weekend yaitu Hari Selasa, Kamis dan Jumat pada pukul 06.00-11.59. Tipe tabrakan yang dominan terjadi yaitu tabrak samping. Pengendara sepeda motor merupakan pengguna jalan yang sering terlibat dalam kecelakaan, hal ini karena populasinya yang lebih besar dibandingkan pengguna jalan lainnya. Berdasarkan kondisi korban kecelakaan, urutan dari yang tertinggi adalah korban luka ringan, luka berat, dan meninggal dunia. Lokasi yang memiliki tingkat kecelakaan tertinggi yaitu lokasi di KM 75-KM 76 (JL. Raya Ardimulyo Kecamatan Singosari). Beberapa permasalahan yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan di lokasi tersebut, diantaranya adalah konflik dengan penyeberang jalan, kecepatan tinggi, dan kurangnya antisipasi terhadap pergerakan kendaraan disekitarnya. Dari hasil analisis EAN, lokasi yang memiliki tingkat kecelakaan tertinggi yaitu segmen 5 (KM 75-KM 76), diurutan kedua berlokasi di segmen 2 (KM 71-KM 72). Pada segmen 5 (KM 75-KM 76) memiliki geometrik jalan lurus, datar dengan median, dan lalu lintas yang cukup padat. Pada lokasi tersebut sering terjadi kecelakaan antara
id IOS4666.140175
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:43:20Z
last_indexed 2021-10-28T07:28:47Z
recordtype dc
_version_ 1751454837843689472
score 17.538404