Peran Trust Sebagai Mediasi Pengaruh Perceived Usefulness Dan Perceived Ease Of Use Terhadap Minat Beli E-Book (Studi Pada Mahasiswa S2 Universitas Brawijaya Malang) )
Main Author: | Yudiarti, Rr. Fradiani Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/1398/1/RR.%20FRADIANI%20EKA%20YUDIARTI%20.pdf http://repository.ub.ac.id/1398/ |
Daftar Isi:
- Dewasa ini internet makin berkembang pesat. Hal ini dimanfaatkan oleh para pemasar untuk menjual produk mereka melalui internet atau yang dikenal sebagai e-commerce. Salah satu produk yang diperjualbelikan melalui toko online adalah e-book. Sayangnya, penjualan e-book di Indonesia kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis apakah perceived usefulness dan perceived ease of use e-book mempengaruhi minat untuk membeli e-book serta apakah trust memediasi pengaruh perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap minat membeli e-book. Dengan mengadaptasi model TAM, penelitian ini menggunakan trust sebagai mediator pengaruh perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap minat membeli e-book. Sampel diambil menggunakan metode purposive sampling. Responden yang dipilih adalah mahasiswa S2 Universitas Brawijaya Malang angkatan 2015/2016 yang mengenal e-book dan pernah menggunakan e-book selama masa studinya. Dalam hal ini peneliti mengambil sampel sebanyak 100 responden. Hipotesis diuji secara statistik menggunakan model SEM – PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived usefulness tidak berpengaruh signifikan terhadap minat membeli e-book; perceived ease of use berpengaruh signifikan terhadap minat membeli e-book; dan trust terbukti secara signifikan memediasi pengaruh perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap minat membeli e-book.