Pengembangan Local Area Network Game Server Untuk Multiplayer Tank Game Menggunakan Teknologi Java

Main Author: EriqMuhammadAdamsJ
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/139718/
ctrlnum 139718
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/139718/</relation><title>Pengembangan Local Area Network Game Server Untuk Multiplayer Tank Game Menggunakan Teknologi Java.</title><creator>EriqMuhammadAdamsJ</creator><subject>621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting</subject><description> Perkembangan teknologi komputasi dan jaringan yang pesat saat ini memacu inovasi dan kemajuan industri game. Game berdasarkan jumlah pemain dibagi menjadi dua, yaitu single player game dan multiplayer game . Multiplayer game berdasarkan lokasi fisik permainan dibagi menjadi dua yaitu local multiplayer game dan networked multiplayer game. Local multiplayer game dimainkan dalam satu mesin sedangkan networked multiplayer game dimainkan di beberapa mesin melalui jaringan. Networked multiplayer game umumnya dibedakan menjadi dua kelompok yaitu LAN (Local Area Network) Game dan WAN (Wide Area Network) Game. Aplikasi yang dibuat ini berupa LAN multiplayer tank game . Pengembangan aplikasi ini terbagi menjadi dua buah subsistem, yaitu game server dan game client . &#xD; LAN game server yang bertipe listen server ini dirancang menggunakan OOAD ( Object Oriented Analysis and Design ) dan diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman Java dan Apache MINA ( Multipurpose Infrastructure for Networked Applications ) framework sebagai networking framework . UDP digunakan sebagai protokol komunikasi jaringan dikarenakan multiplayer tank game yang dikembangkan membutuhkan proses sinkronisasi data secara real time . Pengujian game server ini meliputi pengujian perangkat lunak menggunakan metode white-box testing dan black-box testing dan pengujian performa game server yang meliputi nilai throughput data ( Read Bytes Throughput dan Written Bytes Throughput ) yang dipengaruhi oleh jumlah game client . Hasil pengujian nilai throughput game server menunjukkan nilai throughput tidak linier. Ketidaklinieran tersebut disebabkan oleh aktivitas pemain yang berbeda sehingga mempengatuhi banyaknya data yang dikirim dan diterima. </description><date>2009-02-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> EriqMuhammadAdamsJ (2009) Pengembangan Local Area Network Game Server Untuk Multiplayer Tank Game Menggunakan Teknologi Java. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FT/2009/145/050901159</relation><recordID>139718</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author EriqMuhammadAdamsJ
title Pengembangan Local Area Network Game Server Untuk Multiplayer Tank Game Menggunakan Teknologi Java
publishDate 2009
topic 621.3 Electrical
magnetic
optical
communications
computer engineering; electronics
lighting
url http://repository.ub.ac.id/139718/
contents Perkembangan teknologi komputasi dan jaringan yang pesat saat ini memacu inovasi dan kemajuan industri game. Game berdasarkan jumlah pemain dibagi menjadi dua, yaitu single player game dan multiplayer game . Multiplayer game berdasarkan lokasi fisik permainan dibagi menjadi dua yaitu local multiplayer game dan networked multiplayer game. Local multiplayer game dimainkan dalam satu mesin sedangkan networked multiplayer game dimainkan di beberapa mesin melalui jaringan. Networked multiplayer game umumnya dibedakan menjadi dua kelompok yaitu LAN (Local Area Network) Game dan WAN (Wide Area Network) Game. Aplikasi yang dibuat ini berupa LAN multiplayer tank game . Pengembangan aplikasi ini terbagi menjadi dua buah subsistem, yaitu game server dan game client . LAN game server yang bertipe listen server ini dirancang menggunakan OOAD ( Object Oriented Analysis and Design ) dan diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman Java dan Apache MINA ( Multipurpose Infrastructure for Networked Applications ) framework sebagai networking framework . UDP digunakan sebagai protokol komunikasi jaringan dikarenakan multiplayer tank game yang dikembangkan membutuhkan proses sinkronisasi data secara real time . Pengujian game server ini meliputi pengujian perangkat lunak menggunakan metode white-box testing dan black-box testing dan pengujian performa game server yang meliputi nilai throughput data ( Read Bytes Throughput dan Written Bytes Throughput ) yang dipengaruhi oleh jumlah game client . Hasil pengujian nilai throughput game server menunjukkan nilai throughput tidak linier. Ketidaklinieran tersebut disebabkan oleh aktivitas pemain yang berbeda sehingga mempengatuhi banyaknya data yang dikirim dan diterima.
id IOS4666.139718
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-25T09:29:38Z
last_indexed 2021-10-28T07:28:22Z
recordtype dc
_version_ 1751454842496221184
score 17.538404